Tips menulis yang baik bagi pemula

cara menulis buku yang baik dan benar langkah langkah yang baik untuk menulis tips menulis novel bagi pemula trik menulis belajar menjadi penulis pemula tips menulis artikel untuk pemula cara belajar menulis yang baik cara bisa menulis

Tips menulis yang baik bagi pemula

cara menulis buku yang baik dan benar  langkah langkah yang baik untuk menulis  tips menulis novel bagi pemula  trik menulis  belajar menjadi penulis pemula  tips menulis artikel untuk pemula  cara belajar menulis yang baik  cara bisa menulis

Mendasar :

1. Menulis Adalah Cara Mengekspresikan Perasaan yang Mudah
2. Berbagi Pengalaman Hidup
3. Mendukung Kebebasan Berpendapat
4. Mendidik
5. Menghibur dalam komunikasi

 

Mengingat :

1. Bikin Pintar
2. Menjadi Orang Bermanfaat
3. Memberi motivasi
4. Menghasilkan Uang
5. Kepuasan Batin
6. Ladang Inspirasi
7. Dikenang dunia

 

Hai gan,, gini tips dari ratnamarketing.com

  1. Mengikuti Fanspage penerbit buku dan komunitas buku, memudahkan kita mendapatkan tips-tips menulis mudah dan menyenangkan.

    • Pilihan mengikuti fanspage penerbit buku dan komunitas buku, memudahkan kita mendapatkan tip-tip menulis mudah dan menyenangkan
  2. Bergaul dengan Para Penulis

    • Bergabung dengan para penulis merupakan cara belajar paling gampang nomor dua. Coba perhatikan para penulis jika mengunggah status. Misalnya : bingung mencari selembar kertas dan akhirnya ketemu. Sebenarnya satu kalimat seperti itu cukupkan. Tapi tidak dengan mereka para penulis. Pasti mereka akan bercerita panjang lebar dan mendeskripsikan kalimat itu menjadi sebuah paragraf. Tidak percaya?
  3. Berani memulai

    • Sudah melihat, sekarang saatnya mencoba. Ilmu baru akan mengendap atau menjadi milik kita jika kita tidak pernah dicoba. Misalnya naik sepeda. Kalau kita sering melihat orang naik sepeda tentu kita akan tahu cara membawa sepeda, menaiki, dan mengayuh. Pun dengan menulis. Cobalah dengan hal sederhana. Misalnya dengan mencoba mendeskripsikan orang, ruang, dan waktu. Setelah itu barulah di ramu ketiga deskripsi itu. Hindari memberi keterangan to the point, uraikan, uraikan, dan uraikan.
  4. Tentukan Tema Tulisan

    • Pilih tema tulisan yang ringan, mungkin bisa dari kejadian yang kita alami. Ya akhirnya akan seperti orang curhat, tapi tidak mengapa, lebih ringan dan mengurangi risiko bully-konten. Jangan lupa demi meningkatkan search engine buat tema tulisan sesuai judul dan nama domain. Ciptakan ciri khas  kita melalui keunikan, keaslian, dan inovasi dari tiap tulisan. Mengapa harus begitu? Dunia maya ini tak terbatas dan banyak artikel yang di unggah setiap detiknya. Maka kita harus memberi warna pada tulisan kita, unik, berbeda dan orisinil, ada nilai tambah, serja jujur.
  5. Harus Banyak Baca

    • Menulis itu perlu referensi. Jika kita ingin memperkaya gaya menulis dan pemlihan diksi, membaca adalah obatnya. Semakin banyak pengarang dan macam tulisan semakin banyak perbendaharaan diksi. Bahan bacaan bisa dari mana saja baik koran, majalah, novel, buku.
  6. Sesuaikan dengan ejaan terkini

    • Menulis dengan gaya gaul tentu tidak masalah. Mudah. Namun dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital, tanda baca, dan kapan menulis miring/tebal jangan dilupakan. Jika telah memuat hal-hal itu tulisan kita akan lebih mudah dipahami. Hindari pemborosan kata, kalimat tidak efektif.
  7. Perhatikan jeda menulis

    • Hindari menulis secara terus menerus (berhari-hari tanpa jeda) karena secara tidak sadar. Saat kita kelelahan, tulisan yang dihasilkan akan mengalami jumping. Jeda sehari dua hari untuk mengendapkan diri dan meresapi seluruh tulisan. Jangan lupa untuk kembali membaca agar tulisan kita makin berkembang.
  8. Mintalah orang lain untuk membacanya

    • Meminta orang lain membacanya akan membantu menunjukkan beberapa hal yang rumpang atau memberikan masukan tentang tulisan. Penilaian dari orang lain itu perlu. Sangat mubazir jika tulisan kita hanya bisa dimengerti oleh diri sendiri.
  9. Baca Kembali

    • Sebaiknya membaca tulisan terdahulu sebelum melanjutkan menulis. Agar tulisan kita tidak seperti benang yang dipaksa bersambung. Ada Jendolan, jumpingan yang wagu dan sangat tidak nyaman ketika sudah selesai.
  10. Unggah di Media Sosial

    • Cobalah untuk menyebarluaskan tulisan kita di media sosial agar mendapat kritik dan saran yang membangun tentang tulisan. Jangan malu. Semua untuk kemajuan kemampuan menulis kita.
  11. Mulai dari sekarang

    • Simpan dirimu dalam tulisan, karena tak mungkin kau hidup selama semaumu. Sebab sarat menjadi penulis hanya 3 : menulis, menulis, dan menulis ! Kadang sebagai bloggger atau penulis kita kehabisan ide. Padahal sebenarnya  bukan kehabisan hanya saja bingung mau memulai tulisan dari kata apa atau sesungguhnya hanya kurang motivasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *