Tips Menawarkan barang

contoh teks mempromosikan produk,cara menawarkan produk ke toko,contoh promosi handphone,cara menawarkan produk online,contoh dialog menawarkan produk ke konsumen,cara menawarkan produk agar konsumen tertarik,contoh teks mempromosikan produk,kata kata cara mempromosikan barang,cara berbicara mempromosikan produk,cara mempromosikan produk secara lisan,cara berbicara dalam menawarkan produk,cara berbicara menawarkan produk ke konsumen,contoh cara menawarkan produk dengan baik,contoh dialog menawarkan produk ke konsumen

Tips Menawarkan barang

contoh teks mempromosikan produk,cara menawarkan produk ke toko,contoh promosi handphone,cara menawarkan produk online,contoh dialog menawarkan produk ke konsumen,cara menawarkan produk agar konsumen tertarik,contoh teks mempromosikan produk,kata kata cara mempromosikan barang,cara berbicara mempromosikan produk,cara mempromosikan produk secara lisan,cara berbicara dalam menawarkan produk,cara berbicara menawarkan produk ke konsumen,contoh cara menawarkan produk dengan baik,contoh dialog menawarkan produk ke konsumen

Seperti ketahui jika sendiri spg acara merupakan bagian terdepan dari sebuah perusahaan yang berinteraksi langsung lewat pelanggan. Selain untuk mendapatkan penjualan, spg acara juga berkewajiban menjaga nama baik brand yang dipegangnya. Kami akan bahas sedikit teknik sederhana cara menawarkan sebuah barang yang bisa dilakukan oleh spg acara.

Pertama : Sampaikan Salam

Biasakan untuk menyampaikan salam lewat melemparkan sebuah senyuman.
Sampaikan salam sesuai lewat waktu, misalnya ; “selamat pagi”, “selamat siang” ataupun “selamat sore”.
Jangan lupa sebutkan status pelanggan apakah sendiri Ibu, Bapak, Kakak, Mas ataupun mba, coba untuk menghindari panggilan tante ataupun om.
Lakukan kontak mata secara langsung lewat pelanggan, misalnya ; “Selamat pagi Ibu / Bapak…” pada saat memberikan salam tersebut tatap wajah pelanggan, setelah itu dapat dilanjutkan lewat menanyakan kabar seperti “Apa kabar Ibu / Bapak ?”.
Hal-hal yang perlu diperhatikan :

Aggresif (Proaktif-Jemput bola, insiatif dan attraktif), contoh : pelanggan yang berada di lorong harus segera di sapa lewat tulus dan ditawarkan barang.
Tidak takut / enggan menghadapi SPG acara dari competitor. Misalnya jika ada pelanggan yang sedang mencar sebuah barang tetapi belum menentukan pilihannya, sekalipun pelanggan sedang memegang barang dari competitor, sendiri spg acara harus mendekati pelanggan tersebut, disapa lewat tulus lalu tawarkan barang yang kita jual lewat sikap yang ramah dan simpatik.

Kedua : Presentasi barang

Presentasi Normal. sendiri spg acara lewat memegang sebuah barang ditangan, lalu memberikan pada pelanggan dan biarkan mereka menyentuh barang tersebut sambil sendiri spg acara menerangkan ataupun memberi penjelasan tentang keunggulan ataupun keuntungan dari menggunakan barang yang sedang di presentasikan.
Presentasi Promosi. sendiri spg acara memberikan penjelasan kepada pelanggan tentang promo dari sebuah barang seperti ; ada diskon, potongan harga, undian ataupun hadiah langsung yang akan didapatkan oleh pelanggan dari program promo.

Ketiga : Mengatasi Keberatan pelanggan

Ini adalah hal yang sangat penting karena merupakan masukan langsung dari pelanggan. Yang perlu dilakukan adalah : wajib “Mendengarkan”.
Lalu berikan tanggapan ataupun jawaban atas keberatan pelanggan tersebut. Perlu diperhatikan juga apakah hal tersebut benar merupakan keberatan ataupun hal yang mengada – ada.

Keempat : Closing

Berikan barang kepada pelanggan
Tawarkan kembali : misalnya lewat mengucapkan “tambah 1 buah lagi Ibu untuk persediaan di rumah“.
Jangan lupa sampaikan ucapan ataupun kata-kata yang simpatik, seperti ; “Terima kasih Ibu/Bapak sudah membeli barang kami, jangan lupa membeli barang kami kembali“.

Kelima : Menjual Berantai

Ketika lebih dari satu buah jenis barang, sendiri spg acara “harus” menawarkan secara berantai (tidak hanya satu barang). Misalnya ; “Oh ya Ibu / Bapak sekalian dicoba barang … jika pelanggan berminat, sendiri spg acara dapat melanjutkan presentasi barang tersebut.

Mengatasi Keberatan pelanggan

Penanganan pelanggan Loyal

Penyampaian ( jawaban ) informasi atas keberatan pelanggan harus jelas dan memuaskan
Melakukan penjualan berantai
SPG acara wajib menginformasikan kepada pelanggan layanan customer care.

Penanganan mengalihkan pelanggan kompetitor

Dengarkan lewat baik keluhan dan keberatan pelanggan
Probing (penggalian informasi) seperti : barang apa yang digunakan, berapa lama dan mengapa menggunakan barang tersebut.
Perhatikan kemungkinan adanya kesalahan informasi atas barang kita ataupun keragu – raguan pelanggan atas barang, dan lain sebagainya.
Setelah kita menggali lalu arahkan pelanggan untuk menggunakan barang kita, dan jelaskan bahwa barang kita adalah barang yang baik, seperti ; “Ibu / Bapak akan lebih hemat, barang kami dapat dipercaya dan kualitasnya terjamin”.
Jika berhasil melakukan “switching” langsung sampaikan kalimat simpatik : “Terima kasih Bapak/Ibu sudah membeli barang kami…”.kamik siap membantu untuk pembelian barang berikutnya.

Keenam : Ucapan Terima Kasih

SPG acara harus selalu mengucapkan terima kasih kepada pelanggan sekalipun pelanggan tidak membeli barang kita.
Sampaikan ucapan terima kasih lewat tulus dan ikhlas sambil menatap mata pelanggan.
Misalnya ; Terima kasih Ibu / Bapak sudah membeli barang kami (yang terjadi closing).

sendiri spg acara juga harus menjadi Konsultan untuk pelanggan anda
Jangan menjelekkan barang kompetitor, tetaplah fokus pada keunggulan barang kita
Jangan mendebat pelanggan secara terbuka.
Tunjukkan rasa percaya diri lewat suara yag jelas untuk di dengar, ramah, senyum, menguasai barang knowledge dan body language.

TIPS HARD SKILL

Jadikan iklan TV sebagai selling point kita dalam menawarkan barang ke pelanggan.
Wajib membawa barang di tangan.

Artikel ini telah tayang di : http://www.indospgusher.com
dengan Judul : Tips Menawarkan Produk.
Penulis : Tommy Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *