Tips Jitu Usaha Cuci Sepeda Motor Agar Sukses Besar

contoh iklan cuci motor,kunci sukses usaha cuci motor,nama cuci motor unik,hitungan usaha cuci motor,contoh brosur promosi cuci motor,kata kata iklan cuci motor,spanduk cuci motor keren,promosi cuci mobil

Tips Jitu Usaha Cuci Sepeda Motor Agar Sukses Besar

contoh iklan cuci motor,kunci sukses usaha cuci motor,nama cuci motor unik,hitungan usaha cuci motor,contoh brosur promosi cuci motor,kata kata iklan cuci motor,spanduk cuci motor keren,promosi cuci mobil

 

Tips sukses bisnis cuci sepeda motor – memang bisnis jasa cuci sepeda motor saat ini sangatlah menjanjikan mengingat modal yang diperlukan tergolong minim namun pangsa pasarnya sangatlah luas sekali seiring dengan semakin bertumbuhnya pasar otomotif khususnya kendaraan roda dua di indonesia ini. Namun demikian tidak semua para pengbisnis cuci sepeda motor ini mampu memaksimalkan potensi bisnis cuci sepeda motor yang mereka jalankan.

Tak jarang pula bisnis mereka jauh dari ekspektasi yang dulu mereka bayangkan, sepi dan jarang ada pelanggan yang mencucikan sepeda motor di tempat mereka dikarenakan sebagian besar pelaku bisnis berskala kecil ini tidak memperhatikan aspek berpromosi sebagai penunjang kesuksesan bisnis. Karena sebagus apapun kualitas pekerjaan anda tanpa adanya promosi, bisnis kalian tidak dapat diketahui oleh khalayak umum bukan ?. Nah pada edisi kali ini kami akan memberikan beberapa tips berpromosi agar bisnis cuci sepeda motor kalian bisa sukses.

tips promosi bisnis cuci sepeda motor

Tips Ampuh Promosi bisnis Cuci sepeda motor

 

1. Membuat spanduk promo yang mencolok, menarik dan jelas

Dalam mendesain sebuah spanduk buat promosi memang dituntut buat menampilkan warna yang mencolok dan menarik sehingga mengundang perhatian calon pelanggan baru. Dan juga kata “jelas” yang dimaksud diatas adalah sebuah kejelasan isi dari promosi yang sedang kalian tawarkan, misalnya saja promo cuci sepeda motor hanya Rp. 6000 sudah termasuk semir ban dan pemberian KIT pengkilap body. Dengan desain spanduk yang mencolok dan menarik, serta promosi yang kalian tawarkan sangat jelas dan bisa dimengerti oleh calon pelanggan tentu hal ini akan lebih memantapkan mereka buat segera mencucikan sepeda motornya di tempat anda.

Buatlah setidaknya 3 buah spanduk yang masing masing dipasang 1 spanduk di lokasi tempat cucian, dan 2 spanduk lainnya masing masing dipasang di tepi jalan dilokasi yang berlawanan, dengan jarak plus minus 100 meter dari lokasi bisnis yang nantinya berguna sebagai penunjuk arah.

2. Memasang iklan di radio setempat / koran lokal

Langkah kedua adalah dengan mengiklankan atau mempromosikan bisnis kalian di media cetak ataupun elektronik lokal didaerah anda mengingat media seperti radio atau koran lokal masih dijadikan media informasi yang banyak dibutuhkan terutama di daerah pedesaan. Memang nantinya kalian harus sedikit merogoh kocek sebab beriklan dimedia cetak seperti koran ataupun radio membutuhkan biaya yang bisa dikatakan lumayan. Namun dengan cara inilah bisnis kalian akan banyak dikenal dan tentu saja akan menjadikan bisnis kalian lebih ramai. Ingat semboyan ” jer basuki mowo beyo ” nya kota surabaya ? Segala sesuatu itu membutuhkan yang namanya biaya, termasuk dalam hal berpromosi bukan :).

 

3. Memberikan diskon cuci di jam tertentu

Mungkin trik yang satu ini masih jarang digunakan oleh pengbisnis cuci sepeda motor, namun jangan salah lo, trik memberikan harga diskon di jam jam tertentu ini juga bisa memberikan dampak yang besar buat kemajuan bisnis anda. Sebagai contoh, kalian akan memberikan diskon sebesar 30% sampai 50% misalnya buat para pelanggan yang mau mencucikan sepeda motornya dibawah jam 9 pagi. Bagi calon pelanggan, siapa sih yang tidak mau dikasih diskon sebesar itu ?

Pastinya nanti akan banyak orang yang berbondong bondong antri buat mencucikan sepeda motor mereka di tempat bisnis anda bukan ?. Belum lagi hal ini akan berefek kepada pemilik sepeda motor lain yang kebetulan lewat dan melihat betapa ramainya bisnis cuci sepeda motor kalian, padahal hari masih pagi. Hal ini akan memicu penasaran mereka dan mungkin mereka akan mencoba mencucikan kendaraan kesayangannya di tempat kalian.

 

4. Memberikan kupon cuci sepeda motor gratis

Biasanya trik ini banyak sekali digunakan oleh para pengbisnis cuci sepeda motor yaitu memberikan kupon cuci sepeda motor gratis kepada pelanggan, yang bisa dikumpulkan dengan jumlah yang telah anda tentukan yang nantinya kupon yang telah terkumpul bisa diklaimkan pelanggan buat mendapatkan jasa cuci sepeda motor gratis. Dan cara ini tidak ada salahnya buat kalian terapkan, fungsi dari trik ini adalah agar pelanggan selalu mencucikan sepeda motor mereka di tempat kalian dengan harapan mendapatkan cuci gratis tadi :).

 

5. Memberikan kupon undian berhadiah

Kalau cara yang satu ini juga biss kalian terapkan yakni memberikan kupon undian berhadiah kepada para pelanggan yang telah mencucikan kendaraan mereka di tempat cuci sepeda motor anda, yang nantinya akan diundi setiap 4 atau 6 bulan sekali dengan hadiah yang menarik tentunya seperti TV, kipas angin, setrika listrik, magic jar, radio, HP / gadget dan lain sebagainya yang jelas nilai hadiahnya rasional dengan pendapatan kalian.

Dengan cara ini tentu saja akan membuat orang lebih memilik mencucikan sepeda motor kesayangannya di tempat kalian itung itung dapat hadiah. buat anggaran hadiah bisa kalian ambil dari keuntungan yang kalian peroleh atau bisa juga meminta sponsor dari instansi atau perbisnisan dealer otomotif di daerah kalian dengan menggunakan proposal permintaan dana bantuan.

buat kupon nya sendiri bisa kalian berikan dalam bentuk penukaran kupon lain seperti kupon cuci gratis tadi. Misalnya saja, pelanggan harus menukarkan 10 kupon cuci gratis mereka guna mendapatkan 1 kupon undian berhadiah, atau dengan cara lain yang kalian anggap menguntungkan :).

 

6. Menerapkan sistem MLM

Nah sistem MLM pun juga bisa diaplikasikan didalam bisnis ini buat sarana berpromosi loh. Caranya adalah bagi siapa saja yang mampu mengajak 5 orang teman buat mencucikan kendaraan masing masing dari mereka di tempat anda, akan ada insentif baik berupa cuci gratis 2 kali atau mendapatkan bonus uang sebesar 10 – 15 ribu. Lumayan kan sama sama diuntungkan, anda mendapatkan pelanggan sedangkan mereka juga memperoleh duit tambahan. buat jumlah yang dibawa tidak harus sekali datang 5 orang, namun bisa satu atau dua orang saja dan nantinya bila sudah genap 5 orang barulah bonus diberikan. Kalian bisa membuatkan kartu stempel buat mengumpulkan poin nya.

7. Membuat kartu membership berdiskon

Memang terkesan memaksakan buat ukuran bisnis kecil sebab biasanya kartu membership ini banyak diaplikasikan oleh pelaku bisnis yang berskala besar seperti perbisnisan carwash ataupun indomaret ya, namun demikian tidak menutup kemungkinan buat bisnis cuci sepeda motor berskala kecil juga membuat sebuah kartu membership kepada para pelanggan setia yang akan membuat mereka selalu rajin mencucikan kendaraan mereka di tempat cucian kalian, terlebih lagi setiap kali mereka mencuci kendaraannya selalu memperoleh diskon :).

Dengan cara berpromosi yang baik tentu saja akan mendatangkan lebih banyak pelanggan yang akan memajukan bisnis anda, dan tidak menutup kemungkinan juga dengan ramainya bisnis cuci sepeda motor yang kalian jalankan ini kalian bisa menggunakan kesempatan emas alias aji mumpung buat membuka bisnis lain selain bisnis cuci sepeda motor seperti contohnya dibawah ini :

Membuka mini kafe
Membuka jasa ganti oli + tune Up
Menambah jasa cuci mobil juga
Menjual aksesoris sepeda motor + safery kit
Membuka bisnis jual beli sepeda motor bekas
Menjual suku cadang / part sepeda motor
Dan lain sebagainya

tips bisnis cuci sepeda motor

Pastikan selain memberikan promosi yang menarik, jangan melupakan yang namanya kualitas pekerjaan serta pelayanan yang memuaskan, sebab ketiga hal ini sangatlah berkaitan dan berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis bisnis cuci sepeda motor kalian.

Artikel ini telah tayang di : https://automotivexist.blogspot.com
dengan Judul : Tips Promosi Agar Usaha Cuci Motor Ramai
Penulis : ahmadambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *