Tips dasar panduan cara membuat logo yang baik (pertimbangan dasar membuat logo)

tips membuat logo branding syarat membuat logo konsep membuat logo perusahaan contoh konsep pembuatan logo konsep desain logo hal yang harus diperhatikan dalam membuat desain cara membuat logo instansi buat logo sendiri

Tips dasar panduan cara membuat logo yang baik (pertimbangan dasar membuat logo)


Anda berencana akan membuat logo untuk usaha anda atau anda sudah mempunyai logo namun anda ingin merevisinya? berikut saya jabarkan tips dasar cara membuat logo yang baik. (Tips ini bukan turorial cara membuat logo dengan software desain namun pertimbangan dasar membuat logo)

Pemilihan Warna
Makin banyak warna maka nantinya anda akan dihadapkan pada tingginya biaya untuk mencetak karena logo yang anda buat memiliki banyak warna.

Logo harus dapat tetap terlihat walau hanya menggunakan satu warna
Anda harus mencoba apakah logo yang anda buat dapat tetap terlihat dalam satu warna misalnya stempel satu warna. Pertimbangkan juga nantinya logo akan dicetak di media hitam dengan warna logo putih atau warna logo putih akan dicetak di atas media berwarna hitam atau warna lain. Makin banyak warna yang tumpang tindih dalam sebuah logo maka makin sulit untuk terbaca dalam satu warna.

Logo harus dapat terbaca atau terlihat jika dicetak dalam ukuran kecil

Logo yang baik adalah logo yang bisa di cetak dalam ukuran kecil namun masih jelas terlihat atau terbaca. Pertimbangkan nantinya logo anda akan dicetak sangat kecil di media souvenir dll. Makin rumit sebuah logo maka akan sulit terbaca atau terlihat jelas jika dicetak dalam ukuran kecil

Pemilihan jenis huruf dan lisensi huruf
Hati-hati menggunakan huruf karena tidak semua huruf sifatnya gratis. Jika anda menyukai jenis huruf tertentu di komputer untuk logo anda, segera cek, apakah jenis huruf itu gratis atau berbayar. Ada beberapa jenis huruf yaitu

Berbayar : baik untuk penggunaan personal ataupun komersial
Gratis : baik untuk penggunaan personal atau komersial

Jika anda browsing dan menemukan website yang menyediakan download huruf gratis, perhatikan di lisensinya apakah huruf itu berbayar atau tidak mengingat nantinya anda akan menggunakan huruf tersebut untuk keperluan komersil dikarenakan logo yang anda gunakan untuk pemasaran produk anda. Silahkan anda putuskan apakah akan memakai huruf yang berbayar atau free untuk logo anda.

Cek Kembali
Cek terlebih dahulu apakah logo yang anda buat sudah ada yang memakainya atau belum, hindari plagiat atau peniruan, buatlah karya logo yang orisinil.
Pengecekan logo dan pengecekan lisensi huruf (berbayar atau gratis) dimaksudkan untuk menghindari tuntutan dan untuk menghargai hasil karya orang lain yang menciptakannya.

sumber referensi : https://budioso.blogspot.com/2014/08/tips-panduan-cara-membuat-logo.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *