Tips dan Trik Menjadi Dropshipper di Tokopedia

cara menjadi dropship di tokopedia,cara menjadi dropship di shopee,cara jadi reseller baju online tanpa modal,cara menjadi dropshipper,cara menjadi reseller online shop tanpa modal,cara jadi reseller shopee,daftar dropship,jualan online tanpa modal dan stok barang

Tips dan Trik Menjadi Dropshipper di Tokopedia

cara menjadi dropship di tokopedia,cara menjadi dropship di shopee,cara jadi reseller baju online tanpa modal,cara menjadi dropshipper,cara menjadi reseller online shop tanpa modal,cara jadi reseller shopee,daftar dropship,jualan online tanpa modal dan stok barang

 

Pertama-tama mungkin bagi yang belum pernah mendengar tentang hal ini, akan bertanya: “apa itu dropshipper”. Dropshipper adalah sistem bisnis yang bisa dibilang nyaris engga membutuhkan modal. Informasi ini sangat cocok bagi mereka yang mau mengetahui cara menjadi dropship tanpa modal. Pebisnis di bidang Dropship ini merupakan pebisnis yang menjadi penengah antara pembeli langsung lewat penjual grosiran (agen). Sistem bisnis ini sangat cocok lewat mereka yang ingin memiliki bisnis tapi engga memiliki barang sendiri , juga engga perlu membeli stok barang. Modal awal yang dibutuhkan minimal memiliki akun media social sebagai ajang tempat pajang barang jualan. Walaupun demikian, usaha Dropship memilik peluang penghasilan sampai milaran setahun jika dijalankan lewat sungguh-sungguh.

 

Apa itu dropshipper?

Sekarang ini yang sedang menjadi tren adalah cara menjadi dropship di tokopedia. Hal ini disinyalir dikarenakan ada banyak penjual grosir (agen)yang berjualan di sana. lewat demikian akan sangat baik bagi siapa saja yang hendak merintis bisnis lewat menjadi Dropshipper di Tokopedia.com. Oleh sebab itu pada tulisan ini, penerapannya lebih kepada cara-cara melakukan dropship di tokopedia (tutorial dropship di tokopedia). Namun secara umum, informasi ini bisa diterapkan untuk menjadi Dropshipper dimana saja.

Pebisnis lewat cara Dropship masih bisa mendapatkan margin harga keuntungan yang lumayan menjanjikan. Selain itu, pebisnis lewat cara Dropship engga beresiko kerugian karena barang engga laku sebab bisnis cara Dropship memang engga memilik stok barang.

Seperti kata pepatah: engga ada mahkota tanpa pengorbanan yang kira-kira artinya: engga ada kesuksesan tanpa bersusah-payah dulu. Oleh sebab itu adalah sangat penting mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dilakukan dan yang perlu dihindari pada usaha lewat cara Dropship ini.

 

Bagi mereka yang berniat mengadu peruntungan melalui usaha bisnis berbentuk Dropship perlu membaca informasi berikut ini.

 

1. Bangun Hubungan Yang Baik lewat Allah Yang Mahakuasa

 

Hal yang paling penting dalam memulai usaha apapun yaitu lewat memperbaiki hubungan lewat Sang Pencipta. Hal ini dikarenakan bahwa kita semua tahu bahwa semua rejeki itu datang pada kita hanya atas seijin dari Allah Yang Mahakuasa Pencipta Alam Semesta ini. Rejeki, kesehatan, kepintaran semua ada hanya atas seijin Allah Yang Mahakuasa. Oleh sebab itu hal yang palin utama dilakukan adalah menjalin hubungan yang baik lewat Allah Yang Mahakuasa.

Menjalin hubungan yang baik lewat Allah Yang Mahakuasa ini juga harus sesuai lewat usaha yang akan kita lakukan benar-benar halal serta membawa manfaat bagi orang lain (agen dan pembeli). Sehubungan lewat hal ini maka sudah menjadi keharusan untuk menjual barang yang ada unsur penipuan (contohnya: barang kw tapi dibilang asli). Selain itu hindari cara-cara palsu dalam mengaet pembeli (contohnya : testimony palsu, follower palsu dan lain-lain yang bersifat paslu alias BOHONG). Jika hal ini dilakukan maka rejeki akan terbuka lancer dan pembeli akan lewat senang hati merekomendasikan kepada orang lain. Ini hal penting dari semua bidang usaha termasuk usaha cara dropship lewat tokopedia.

 

 

2. Awalnya fokus pada satu barang

 

 

Cara menjadi dropship online shop ini akan sangat mudah menggoda untuk menjual sebanyak-banyaknya barang karena engga perlu mengeluarkan modal untuk stok barang sebanyak apapun. Padahal, tujuan pertama untuk berbisnis cara Dropship adalah mendapatkan keuntungan secepatnya. Sedangkan disisi lain, sifat pembeli akan lebih mudah membeli ditempat yang sudah terkenal dan terpercaya. lewat demikian pebisnis Dropship yang baru memulai usaha ini akan lebih sulit menggaet pembeli.
Dimana-mana pembeli selalu cenderung membeli kepada penjual yang sudah terpercaya, baik, ramah dan cepat merespon. Jadi pebisnis cara Dropship juga sudah seharusnya menjadi penjual yang meyakinkan, baik, ramah dan cepat merespon melayani pembeli.

Untuk menciptakan rasa kepercayaan dan kenyamanan kepada calon pembeli, sebaiknya konsisten pada satu barang dulu. Setelah sudah mendapatkan kepercayaan dari pembeli, maka sudah bisa mulai menjual barang yang lain. barang yang lain ini sebaiknya masih ada hubungan lewat barang pertama supaya masih ada hubungan lewat pembeli yang sudah ada.

 

3. Pilihlah barang yang agak umum

 

Pada bagian ini yang dimaksud adalah pelaku bisnis Dropshipper perlu mempertimbangan untuk memilih barang yang akan dijual. Sebaiknya memilih barang yang engga terlalu unik alias agak umum. Hal ini harus diperhatikan karena Dropshipper engga bisa mengontrol stok ketersediaan barang yang dijual. Selalu perlu diingat bahwa Dropshipper hanya perantara, sehingga engga memiliki kepastian tentang ketersediaan stok barang.

Kriteria barang yang agak umum adalah barang yang ada beberapa penjual grosirnya. Ini akan sangat besar dampaknya pada ketersediaan stok. Ketersediaan stok akan sangat mempengaruhi nama baik si Dropshipper atau penjual. Jika barang yang dipilih memiliki beberapa agen maka resiko kekosongan stok bisa diperkecil. Cara pilih barang ini merupakan hal yang cukup penting tentang cara menjadi dropship di tokopedia.

Jika Dropshipper memilih barang yang dibilang unik tapi langka (sedikit agennya) ada kemungkinan besar mengalami kekosongan stok. Jika pembeli menemukan barang yang kosong maka besar kemungkinan dia akan mencari ke penjual yang lain. Hal ini akan berakibat buruk terhadap nama baik Si Dropshipper. Sangat berbeda jika Dropshipper menjual barang yang memiliki banyak agen. Jika agen A lagi kosong, maka ada alternatif untuk memesan dari agen yang lain. lewat demikian ketersediaan stok bisa lebih terjamin. Dampaknya, engga akan membuat calon pembeli kecewa dan berpindah ke lain lapak hehehe.

 

4. Memilih barang lewat margin besar

 

Cara dropship dari tokopedia ini harus memperhatikan hal-hal tentang bagaimana memilih barang berdasarkan perbedaaan (margin) harga dari beberapa agen. Pada dasarnya menjual barang lewat keuntungan kecil dan keuntungan besar sama resikonya (capeknya, masalahnya, layanannya, dll) Jadi kalau untuk saya, saya akan mengutamakan untuk menjual barang yang memiliki margin (besar laba) besar dibandingkan menjual barang lewat laba kecil. Besar kecilnya laba bisa dihitung dari persentasi komisi penjualan sebuah barang. Besaran komisi/laba/margin berbeda beda setiap agen dan barang. Misalkan mau mendapatkan komisi Rp.200rb per hari, maka lebih baik menjual barang lewat margin laba 25% dari pada barang lewat margin 15%. Untuk barang lewat komisi 25% maka hanya perlu menjual 8 buah barang untuk mencapai Laba Rp.200.000. Sedangkan untuk barang lewat komisi 15% maka perlu menjual paling sedikit 14 buah barang untuk bisa mencapai Rp.200.000. Sangat jelas 8 proses penjualan/masalah lebih ringan/mudah dibandingkan lewat 14 proses penjualan/masalah.

 

5. Mengenal barang yang dijual

 

Sebaiknya Dropshipper memiliki pengetahuan yang cukup baik terhadap barang yang akan dijualnya. Sudah merupaan sifat pembeli untuk selalu bertanya detil tentang barang yang akan dibelinya walaupun sudah ada penjelasan tertulis dilapak. Pembeli akan semakin tertarik untuk melakukan pembelian pada penjual yang sangat menguasai barang yang akan dibelinya. Sebaliknya, pembeli biasanya akan menjadi ragu untuk membeli barang dimana penjualnya sendiri engga mengetahui detil barang yang dijualnya.

Untuk mengetahui detil dari barang yang akan dijual, maka Dropshipper jangan pernah sungkan atau malu untuk agak “cerewet” bertanya kepada agen. Untuk pertanyaan-pertanyaannya yang hendak ditanyakan bisa didapatkan lewat cara Si Dropshipper berlaku seolah-olah hendak membeli barang itu. Pertanyaan-pertanyaan bisa tentang kelebihan dan kekurangan barang itu. Setelah mengusai detil tentang barang yang akan dijual, Dropshipper akan lewat sangat mahir menjawab pertanyaan calon pembeli. lewat demikian si calon pembeli akan semakin tertarik danyakin untuk melakukan pembelian.

6. Toko online dan nama usaha

Kembali lagi pada masalah membangun kepercayaan calon pembeli. Bagian ini lebih mengarah kepada adanya sebuah toko-online. Keberadaan sebuah toko-online akan membantu membangun kepercayaan calon pembeli. lewat mengetahui ada toko online ini akan kelihatan keseriusannya Si Dropshipper alias engga main-main. Kesan profesional dari keberadaan toko online ini akan membantu menambah kepercayaan kepada calon pembeli untuk melakukan transaksi pembelian.

7. Merespon lewat cepat

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa menunggu ada hal yang engga menyenangkan. Bertolak dari hal itu maka sebaiknya diusahakan untuk selalu memberikan respon yang cepat pada pertanyaan ataupun keluhan pembeli dan calon pembeli. Pelayanan yang cepat ini akan sangat berpengaruh baik pada pembeli ataupun calon pembeli. Akibatnya, mereka akan sangat senang sehingga mudah merekomendasikan kepada saudara atau kenalan mereka. Dampaknya akan sangat baik pada angka penjualan.

8. Temukan agen Yang Tepat

Kondisi barang yang baik dan tepat waktu sangat erat hubungannya lewat siapa agennya. Hal ini juga sangat mempengaruhi nama baik atau reputasi Dropshipper. Oleh sebab itu adalah sangat penting untuk memilih agen yang bagus. Untuk bagian ini akan dibahas pada pembahasan-pembahasan berikut.

9.Sebaiknya pilih penjual grosir yang sama daerahnya

Trik ini bersifat pilihan alias engga harus, tapi adalah lebih baik untuk memilih penjual grosir yang satu daerah. Hal ini ada hubungannya lewat perhitungan seberapa besar harga jualnya.

10. agen ada kontak

Sebaiknya memilih agen yang mencantumkan kontak hp di bagian Informasi profilnya. Untuk menjadi agen biasanya Tokopedia meminta nomor telpon tapi engga wajib ditampilkan/dipublikasikan. Adalah lebih baik memilih agen yang menuliskan kontak telepon dari pada agen yang engga menuliskan kontak telepon mereka. Silahkan lihat gambar di bawah untuk menge-cek informasi kontak agen. Hal ini merupakan antisipasi kalau ada hal-hal yang mendadak perlu perubahan yang sangat perlu untuk diinformasikan ke agen secepatnya.

11. agen yang aktif

Sebaiknya memilih agen yang aktif. Tokopedia memberikan keterangan tentang seberapa aktif sebuah agen. Hal ini bisa dilihat dari indikasi yang ada pada setiap agen di tokopedia.com. Jangan terkecoh lewat reputasi agen berdasarkan rating jumlah bintang. Karena yang dibutuhkan adalah seberapa aktif agen. Hal ini dibutuhkan untuk mengetahui cepat atau lambat respon agen pada sebuah pesanan. Untuk memastikannya, bisa di tes lewat cara berperilaku seolah-olah kita hendak membeli barang. Dari hasil pengamatan itu bisa diketahui seberapa cepat respon agen tersebut. Semakin cepat agen merespon pertanyaan pembeli maka semakin bagus reputasinya bagi pembeli. Apabila agen lambat, maka kemungkinan besar calon pembeli mengurungkan niatnya untuk membeli.

12. Reputasi agen

Periksa reputasi agen pada catatan reputasinya. Hal ini akan cukup membantu Dropshipper pemula walaupun pada kenyataan reputasi engga menjamin bagus engganya sebuah agen. agen yang memiliki status Gold Merchant misalnya, mereka akan lebih bertanggung-jawab karena mengeluarkan uang keanggotaan.

13. Pilih agen yang bisa diandalkan

Pada sistem bisnis sebagai Dropship, proses pengiriman dilakukan oleh agen tanpa kita lihat langsung. lewatkata lain, baik-engganya barang serta cepat atau lambatnya proses pengiriman engga bisa kita awasi langsung. Hal ini tentunya akan sangat mempengaruhi baik buruknya reputasi Dropshipper. Belum lagi betapa repotnya dan engga nyaman apabila harus memberitahukan keadaan, meminta maaf dan mengembalikan dana karena order dibatalkan pembeli hanya karena agen lambat atau bahkan engga memiliki stok. Selain itu bisa dibayangkan betapa repotnya mengurus pengembalian barang jika barang yang dikirim engga sesuai. Saya pernah mengalami dimana barang yang dikirim engga sesuai lewat barang yang saya order. Setelah dikomplain dan saya kembalikan barang yang engga sesuai order, saya dikirim penggantinya tapi barangnya cacat. Ini contoh resiko jika engga berhati-hati memilih penjual

Oleh karena itu adalah perlu untuk sangat berhati-hati dalam menentukan agen. Jika engga hati-hati bisa saja kita mendapatkan agen yang adalah dropshipper jugaalais engga memiliki stok langsung. Untuk mencegah hal ini terjadi, ada beberapa hal yang bisa membantu kita menentukan agen yang bagus, yaitu:
a. Periksa semua akun media social, dan lihat bagaimana perilakunya
b. Periksa websitenya
c. Periksa apakah ada penewaran atau perhatian khusus kepada Dropshipper
d. Periksa apakah ada fasilitas penunjang yang memudahkan Dropshipper
e. Periksa siapa pemiliknya, lewat cara mencari di internet

14. agen yang masih baru

Biasanya kalau order semakin banyak maka kualitas pelayanan akan berkurang. agen yang besar ada kecenderungan “malas” melayani pembelian yang berjumlah kecil. Sebaliknya, bagi agen yang baru dan belum besar, mereka cenderung lebih cepat merespon pada calon pembeli kecil sekalipun. Mereka lebih menghargai Dropshipper dibandingkan lewat agen yang berskala besar.

15. Reputasi bintang engga jaminan

Jangan terkecoh lewat reputasi bintang saja. Reputasi berdasarkan jumlah bintang engga bisa dijadikan satu-satunya penilaian agen yang bagus. Bisa saja reputasi bintang 4 lebih bagus dari agen bintang 5.

16. agen yang peduli Dropshipper

Mungkin bagi Dropshipper yang berpengalaman engga terlalu membutuhkan hal ini. Namun bagi Dropshipper pemula hal ini sangat membantu. Coba dibayangkan jika mendapatkan agen yang engga peduli terhadap Dropshipper. Dropshipper hanya diberikan katalog harga tanpa bimbingan tentang apa yang perlu dilakukan sebagai Dropshipper. Kemungkinan besar Dropshipper terlantar dan tersesat.

agen yang memperdulikan Dropshipper akan menghargai dan memperlakukan Dropshipper lewat baik. agen akan menyediakan media yang mempermudah Dropshipper dalam aktifitasnya melakukan penjualan. Misalnya katalog, foto-foto barang, tim support, materi-materi pembelajaran, perlengkapan penunjang marketing, training dan lain-lain. Dukungan dan perhatian agen kepada Dropshipper sangat membantu semangat selama melakukan usaha promosi penjualan.

17. Menguji agen

Menguji agen tentang bagaimana perlakuan atau tanggapan mereka jika ada calon pembeli yang hendak membeli lewat jumlah kecil. Disini, Dropshipper menyamar seolah-olah menjadi seorang pembeli. Melalui tes ini, Dropshipper bisa mendapatkan gambaran bagaimana si agen ini memperlakukan pembeli dalam jumlah kecil. Dalam penyamaran ini, Dropshipper bisa bertanya tentang hal-hal yang berhubungan lewat barang, waktu pengiriman, cara me-retur jika ada kesalahan pengiriman, dll.

18. agen pria

Jika ada pilihan, maka sebaiknya memilih agen dimana pengelolahnya adalah seorang pria. Hal ini dikarenakan adanya kecenderungan sebagian besar pria lebih cepat memberi respon pada setiap order masuk. Walaupun ada agen pria yang lambat responnya dan ada juga beberapa wanita yang cepat merespon saat menanggapi orderan masuk.

19. Hak Dropshipper sehubungan lewat agen

Seorang yang menjalankan usaha sebagai Dropshipper memiliki hak-hak yang harus dipenuhi agen. Hak-hak itu antara lain, hanya mencantumkan data Si Dropshipper sebagai pengirim pada paket pengiriman alias kirim sebagai dropshipper tokopedia bukan agen. Selain itu, Dropshipper juga bisa meminta “Garansi Perorangan” kepada agen. Hak garansi perseorangan ini mirip seperti aturan “Anda engga perlu membayar jika Anda engga mendapat struk belanja dari kasir”. Hak-hak ini bisa disampaikan kepada agen. agen yang professional biasanya sudah mengerti tentang hal ini. Karena masih tahap awal, maka engga perlu ada perjanjian secara tertulis, toh belum ada penjualan.

20. Usahakan hubungan baik lewat agen

Ada pepatah lama mengatakan: “Tak dikenal Tak disayang.” Sebaiknya Dropshipper mengusahakan agar hubungan lewat agen menjadi harmonis. Pada awalnya untuk membangun jalinan hubungan yang baik ini bisa melalui media social saja dan telepon saja. Namun jika memungkinkan seiring lewat berjalannya waktu bisa diusahakan pertemuan langsung alias “kopi darat”lewat mengunjugi agen. Sehubungan lewat jalinan hubungan yang baik ini diharapkan akan membawa dampak yang positif pada usaha Dropshipper dan agen.

Artikel ini telah tayang di : https://untungsayabaca.blogspot.com
dengan Judul : 20 Tips Cara jadi Dropshipper di Tokopedia
Penulis : Untung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *