TIPS BERJUALAN DI PASAR KAGET – STRATEGY DAN TEKNIK KEBERHASILAN BERDAGANG

manajemen pemasaran,tambah followers,contoh iklan,marketing adalah, jasa pembuatan website,baju distro,jual rumah,iklan baris poskota, strategi pemasaran, cara jualan online di facebook,contoh strategi pemasaran,membuat iklan,iklan baris,contoh iklan produk,pasang iklan di olx,iklan google,iklan gratis tanpa daftar,penjualan online, promosi penjualan,cara memasarkan produk,contoh iklan promosi, advertising agency jakarta,cara mempromosikan produk,aspek pemasaran,cara membuat iklan,cara membuat iklan baris,iklan indonesia

TIPS BERJUALAN DI PASAR KAGET – STRATEGY DAN TEKNIK KEBERHASILAN BERDAGANG

 

manajemen pemasaran,tambah followers,contoh iklan,marketing adalah, jasa pembuatan website,baju distro,jual rumah,iklan baris poskota, strategi pemasaran, cara jualan online di facebook,contoh strategi pemasaran,membuat iklan,iklan baris,contoh iklan produk,pasang iklan di olx,iklan google,iklan gratis tanpa daftar,penjualan online, promosi penjualan,cara memasarkan produk,contoh iklan promosi, advertising agency jakarta,cara mempromosikan produk,aspek pemasaran,cara membuat iklan,cara membuat iklan baris,iklan indonesia

jasa marketing – Ibarat ada gula disitu ada semut. Persis dimana ada keramain disitu ada perdagangan. Iya gelar lapak. Sebab keramain selalu memancing keuntungan. Fenomena ini kerap disebut dengan pasar kaget.   karena pasar keget juga memiliki banyak varian produk yang beragam tentunya murah, dan bisa di tawar.

Kali ini ane mau share buat agan-agan yg pengen belajar memulai berdagang, bisnis, usaha sendiri. terutama via pasar kaget. Ini berdasarkan dari pengalaman ane secara langsung. Kenapa pasar kaget? karena pasar kaget bersifat musiman, dengan biaya lapak yag terjangkau, apes2nya kalo ampe gak laku ya gak rugi2 amat. Beda ama pasar atau toko permanen yag biasanya harus sewa minimal 1 bulan dengan biaya sewa yang cukup lumayan, buat pemula.

Pasar Kaget biasanya terisi pedagang pedagang yang sudah jadi member tetap. Jadi gak bisa langsung dateng & ujug2 gelar lapak di TKP.

berikut langkah- langkah dagang di pasar kaget ala nubie:
1. Bangun pagi abis sholat subuh ke TKP : Karena abis subuh pasar kaget mulai bergejolak, tapai masih belum semua pedagang yang datang.
2. Urus perijinan : Perijinan di pasar pasar kaget bersifat non formal tapi di kelola dengan jelas dan tetap oleh sekelompok orang. pertama tama coba tanya pedagang sekitar, tapi ini jarang membantu karena pedagang juga tidak memiliki kewenangan, lebih baik tanya ke tukang parkir, karena tukang parkir biasanya kenal langsung dengan pengelola. atau cari aja yang “berwajah agak sedikit garang”, karena mereka biasanya salah satu pengelola hehehehe.. Nah setelah itu pinter-pinter aja kita nego. jelasin barang dagangan kita apa dsb. Biasanya kita akan diarahkan ke lapak-lapak kosong yang penghuninya lagi absen.
3. Mulai deh Gelar dagangan : Tata rapih n keep smile jangan lupa doa n dzikir selalu biar dagangan laris manis hihihi.
4. Biaya Sewa lapak : biaya sewa biasanya antara Rp. 10.000,- sampai 20.000,- tergantung besar kecilnya pasar kaget dan fasilitas yag di dapat.

Tips Jitu Keberhasilan Ngelapak di Pasar Kaget

Pilih lokasi yang ramai baik dari pagi sampai malam hari
Pilihlah tempat strategis. Jangan asal menempati. Pilih tempat  yang potensi massa (calon pembelinya) terus ramai atau lalu lantang tiada henti. Jualanmu semakin dekat dengan pembeli maka kemungkinan laku, tinggi. Oleh karena itu, maka kamu perlu survey tempat terlebih dahulu.

Lihat target calon pembeli yang akan disasar agar kamu bisa mengetahui barang apa yang layak dan tepat dijual
Setelah survey tempat, saatnya kamu survey calon pembeli. Sesuaikan dengan jenis acara maupun orang yang akan datang kelokasi tersebut. Semisal acaranya wisuda, maka kamu perlu menjual aksesoris untuk diberikan kepada wisudawan, bunga, bonekawisuda, ucapan selamat dan lain sebagainya.

Cari pemasok barang yang murah agar kamu dapat memiliki keuntungan 2-4 kali lipat
Logika para pembeli saat pasar kaget adalah barang yang dijual murah. Maka kecenderungan membelinya karena harga murah. Bagi mereka kualitas sering kali ditanggalkan asal murah. Sehingga jika kamu mempunyai barang yang sama dengan barang yang ada dipasar tetapi kamu berani mematok harga dibawahnya, maka dijamin jualanmu akan larismanis dan kamu tetap meraup keuntungan.

Cari jejaring usaha yang dapat menampung produk kamu jika tidak laku terjual, atau pilih produk yang bisa kamu return
Namanya juga usaha, tidak mungkin untung terus dan tak mungkin pula rugi terus. Maka kamu juga perlu mempersiapkan bagaimana memperlakukan barang kamu jika tidak laku. Agar tidakrugi ,maka kamu cari jejaring yang bisa menerima barangmu berapapun. Atau juallah barang yang bisa di return. Ini penting mengingat pasar kaget sifatnya temporal tidak menetap.

Buatlah tampilan produk kamu semenarik mungkin.Buat pembeda yang mencolok pada tempat usaha sehingga menarik konsumen datang dan mudah mengingat
Dalam dunia marketing, penampilan adalah nomer satu.Yang  penting orang itu mau menghampiri dan melihat produk jualanmu. Selebihnya tergantung cara kamu menawarkan. Karena dengan calon pembeli bisa menghampiri lapakmu sebenarnya ia sudah memiliki ketertarikan sendiri terhadap jualanmu, meski pada akhirnya tidak membeli.

Jika berjualan di pasar kaget pada malam hari, maka kamu perlu menggunakan penerangan yang cukup
Ini penting, karena pada dasarnya orang menyukai kegermalapan. Ketika lapak kamu terlihat terang secara tidak langsung itu sudah termasuk strategi promosi untuk menyedot calon pembeli.

Sedapat mungkin kamu melakukan komunikasi yang baik, efektif, rendah hati dan atraktif
Jadilah penjual yang cerdas pembeli, ada pembeli yang suka biacara, ada yang Cuma diam tanpa kata. Nah, kedua tipe pembeli itu harus kamu perlalukan berbeda. Jika yang banyak Tanya maka jawablah dengan seadanya. Tapi kalau pembeli yang diam, kamu justru harus membiarkan dia karena dia tipe orang yang tidak banyak bicara. Semakin kamu ceriwis maka dia akan pergi.

Siapkan uang receh untuk kembalian. Meskipun kecil tapi hal ini dapat membuat konsumen kesal hanya untuk menunggu kembalian
Meski ini terbilang sepele tapi bagi pembeli ini adalah kondisi yang menyebalkan.Meski penjual bilang, tungguya mas tak tukar kembalian dulu. “ya ga papa aku tunggu mbak” jawab pembeli. Itu sebenarnya pembeli kesal.Dan menggerutu dalam hati “Kalau jualanya mbok dipersiapkan”.

Bangun hubungan baik dengan konsumen dan pedagang lain, karena kamu jualan tidak hanya diwaktu itu saja
Salah satu kemampuan pedagang yang harus kamu miliki adalah menjaga relasi. Baik itu kepada pedagang lainnya maupun kepada pembeli. Rangkul dan sering-seringlah berkomunikasi diluar waktu dagang. Siapa tahu mereka mempunyai info yang menarik buat kamu.

Terakhir, kunci dalam berjualan di pasar kaget adalah yakin dan bekerja keras penuh semangat
Itulah kunci utama, kegigihan. Bahwa keyakinan tidak ada artinya jika tidak dibarengi dengan kegigihan berbuat. Banyak orang sukses berawal dari kedisiplinan mereka menawarkan dan berjualan.Selain itu, ingat pada yang maha pemberi rizki. Usahakan selalu berdoa baik sebelum ataupun sesudah jualan. Semoga berhasil
jasa marketing

Artikel ini telah tayang di :  http://fbm-entrepreneur.blogspot.com
dengan Judul :  TIPS BERJUALAN DI PASAR KAGET – STRATEGY DAN TEKNIK KEBERHASILAN BERDAGANG
Penulis :   arief yanto rukmana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *