pemasaran online menggunakan media sosial

cara menentukan sasaran pasar dalam pemasaran melalui media sosial pengertian pemasaran media sosial macam macam pemasaran melalui media sosial teori promosi melalui media sosial contoh sosial media marketing macam macam pemasaran melalui media sosial yaitu strategi media sosial strategi pemasaran melalui media online

pemasaran online menggunakan media sosial

cara menentukan sasaran pasar dalam pemasaran melalui media sosial  pengertian pemasaran media sosial  macam macam pemasaran melalui media sosial  teori promosi melalui media sosial  contoh sosial media marketing  macam macam pemasaran melalui media sosial yaitu  strategi media sosial  strategi pemasaran melalui media online
1. Pengertian media sosial

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.
Media sosial adalah sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content.
Jadi kesimpulannya, media sosial adalah media online yang berbasis internet dimana pengguna bisa dengan mudah berbagi, berpartisipasi yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran.

2. pemanfatan Viral marketing
Viral marketing (Pemasaran Viral), biasa dianggap sebagai iklan virus, atau pemberitahuan spontan (buzz) tentang pemasaran dan merupakan istilah-istilah yang mengacu pada teknik pemasaran yang menggunakan layanan jejaring sosial yang sudah ada dan teknologi lainnya untuk menghasilkan peningkatan kesadaran merek atau untuk mencapai tujuan pemasaran lainnya (seperti penjualan produk) melalui proses virus mereplikasi diri, pemasaran viral ini sering dianalogikan dengan penyebaran virus atau virus komputer (melalui internet dan jaringan lokal) yang terutama dikenali oleh sebagian besar antivirus yang dikenal juga sebagai pendeteksi akses halaman web (web phising).Viral marketing dapat berupa klip video, game interaktif Flash, advergames, ebooks, software brandable, gambar, pesan teks, pesan email, atau halaman web.

Kendaraan yang paling sering digunakan untuk pesan virus meliputi: berbasis pass-along, berbasis insentif, berbasis trendi, dan berbasis
penyamaran. Namun, sifat kreatif viral marketing memungkinkan sebuah ”
jumlah potensial yang bentuknya tak berujung dan pesan sebagai
kendaraan yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan transmisi
kecepatan pengirimannya”, termasuk juga melalui perangkat mobile

Tujuan utama dari pemasar adalah menarik perhatian pelanggan dalam menciptakan program viral marketing yang sukses adalah untuk membuat pesan viral yang menarik bagi individu dengan potensi jaringan sosial potensial (JSP) dan yang memiliki probabilitas tinggi yang disajikan dan disebarkan oleh orang-orang dan pesaing mereka dalam komunikasi mereka dengan orang lain dalam waktu singkat. Penyebaran informasi / pemasaran viral melalui penyebaran e-book gratis, akan tetapimenyelipkan beberapa link bisnis di dalamnya.
Sebagaimana disampaikan professors Andreas Kaplan dan MichaelHaenlein, dengan mengenal tiga bagian berikut :

Penyampai Pesan: Ada tiga tipe tertentu dari utusan yang diperlukan untuk memastikan transformasi pesan biasa yang dikenali sebagai sebuah virus: para ahli pasar, hub sosial, dan penjual.
Pesan: Hanya pesan yang mudah diingat dan cukup menarik untuk dapatditeruskan kepada orang lain yang memiliki potensi untuk memacu fenomena viral marketing. Membuat pesan lebih berkesan dan menarik atau hanya lebih menyebar, seringkali bukan soal perubahan besar tapi sedikit penyesuaian tentang gaya informasi yang lebih layak untuk dapat disampaikan pada area jejaring social yang lebih dikenali karakteristiknya dengan gaya pesan tertentu.
Lingkungan: Lingkungan sangat penting dalam kebangkitan viralmarketing yang sukses – perubahan kecil dalam memimpin lingkungan untuk dapat memperoleh hasil yang besar, dan orang-orang yang jauh lebih sensitif terhadap lingkungan.

Media yang sering dilibatkan dan dimanfaatkan oleh Viral marketing, yaitu :

Layanan partisipasi pelanggan dan polling.
Kontribusi organisasi-Industri khusus.
Mesin pencari internet dan blog.
Integrasi smartphone Ponsel .
Beberapa bentuk cetak dan pemasaran langsung.
layanan web target pemasaran.
Search engine optimization (SEO)
Sosial media optimasi (SMO).
Televisi dan radio.

Target Pemasaran Viral didasarkan pada tiga prinsip penting, antara lain :

1. Berkumpulnya Profil dalam media sosial
2. Kedekatan Analisis pasar
3. Analisis Real-time ketepatan Kata kunci

3. Macam-macam pemasaran melalui media sosial ( facebook, linkedin, twitter, pinterst)

Facebook adalah sebuah platform khusus yang populer digunakan untuk hiburan maupun bisnis. Ada begitu banyak orang yang menghabiskan sejumlah besar waktu pada platform Facebook untuk berkomunikasi dengan orang-orang. Orang menggunakan Facebook sebagai cara menggunakan jejaring sosial untuk bisnis. Memang penting untuk mengetahui bahwa proses pemasaran dengan Facebook hanya dapat berjalan efektif jika strategi yang efektif juga dilaksanakan. Facebook dapat dijadikan sebagai strategi efektif untuk meningkatkan visibilitas bisnis anda di web. Iklan di jaringan sosial telah menjadi lebih mudah dengan menggunaka Facebook.
Jika Anda baru memulai bisnis Anda, maka Anda berutang kepada diri sendiri untuk melihat kesempatan yang tersedia bagi Anda di media sosial, terutama ketika datang ke Halaman Bisnis Facebook. Ini memberi Anda kesempatan untuk menampilkan diri Anda dan perusahaan Anda di salah satu pasar terbesar yang tersedia. Ini harus menjadi salah satu strategi pemasaran Anda.
Setelah pengunjung Anda mulai mengikuti Anda baik pada Halaman Bisnis Anda Facebook dan di website Anda, maka Anda akan memiliki hasil. Mereka ingin lebih banyak interaksi dengan Anda, dan ketika mereka melakukannya, Anda akan dapat menyajikan produk-produk Anda kepada mereka.

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan :

Gunakan Tab Customized, ketika anda membuat halaman bisnis anda di Facebook, anda dapat melihat bahwa halaman bisnis dilengkapi dengan sejumlah tab yang dapat disesuaikan. Anda akan menemukan area posting (wall) antara tab di mana anda dapat menempatkan komentar dan posting.
Tujuan dari Halaman Bisnis: Anda harus selalu memahami persis mengapa Anda membuat halaman bisnis dan tujuan utamanya. Anda harus memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan pemasaran bisnis Anda. Hal ini sangat berguna karena target pasar Anda akan memiliki reaksi yang sangat positif dalam penggunaan Facebook untuk bisnis Anda.
Mengubah Urutan Tab Facebook: Anda harus mengatur urutan tabFacebook Anda untuk membuatnya logis dalam pandangan para calon pelanggan. Jika Anda memiliki lebih dari satu halaman bisnis, sangat penting untuk memiliki urutan tab Facebook yang berbeda untuk halaman yang berbeda.
Konsistensi dalam Posting Konten: anda juga harus menjagakonsistensi dalam posting isi halaman bisnis anda. Jika anda membuat halaman dan menampilkan tentang hal yang sama maka halaman tersebut tidak akan menghasilkan apa-apa. Anda harus sering login dan memperhatikan tampilan dan fitur-fitur platform, dan penting untuk diperhatikan bahwa Anda perlu berkomitmen mengenai kehadiran anda di media sosial ini.
Tetapkan Tujuan yang realistis. Jangan berharap untuk mendapatkanribuan penggemar dalam bulan pertama Anda, tetapi berpikirlah realistis dengan puluhan atau ratusan dahulu, yang penting mulai dulu dari yang kecil untuk pencapaian yang besar di masa mendatang. Apabila kemudian anda mendapatkan hasil diluar ekpektasi anda, syukurilah, anda berarti sudah berada di jalur yang tepat.
Luangkan sedikit Waktu anda: Cobalah untuk menyisihkan waktu anda paling tidak satu jam sehari untuk update posting facebook tentang bisnis anda dan berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan penggemar.
Pelajari sebanyak yang Anda bisa: Ambil catatan berdasarkanpengalaman Anda dengan halaman Facebook dan layanan bisnis lainnya – setidaknya, tulislah pertanyaan tentang hal-hal yang Anda tidak mengerti sehingga Anda dapat membuat catatan untuk dapat anda lihat jika nanti diperlukan.
Mulailah dengan anggaran kecil: Anda dapat memulai melakukan iklantes kecil untuk melihat seperti apa hasilnya dengan pengeluaran yang dibayarkan untuk iklannya, efektif atau tidak, dan kemudian anda dapat meningkatkannya ketika Anda mengetahui mana demografi dan kata-kata kunci yang ingin Anda targetka dan dapat menghasilkan return of investment (ROI) yang bagus.
Buatlah Halaman Fanpage bukan Profil: Jangan membuat profil baruuntuk bisnis anda, karena itu menyalahi aturan, jadi buatlah halaman fanpage untuk bisnis Anda.
Update Status Dengan Yang Keren-keren: Update-lah status facebookfanpage anda dengan status keren dan cerdas yang bisa mendorong teman Anda untuk terlibat aktif dengan halaman bisnis Anda. Hal ini akan membuat status facebook anda banyak yang memberikan respon (like). Sapa Fans Anda: Kirim ucapan terima kasih tepat setelah seseorang mengklik “Like” pada halaman Anda, dan usahakan menanggapi pesan dan postingan di dinding paling lama 24 Jam.
Jangan kirim spam: Orang-orang telah cukup banyak menerima spam diemail atau Inbox mereka, dan pastinya akan sangat terganggu jika anda ikut-ikutan mengirimkan pesan langsung ke inbox/email mereka. Jika ada sesuatu yang mau disampaikan, cukup tuliskan di status anda.
Promo Kupon Diskon: Berikanlah kupon diskon untuk menarik peminatpembeli anda, agar mereka berminat untuk membelinya / berlangganan di tempat anda. Lakukan secara berkala agar pelanggan yang sudah ada tetap loyal dengan bisnis anda.
Tawarkan membership: tawarkan membership atau keanggotaandengan berbagai macam tawaran menarik jika menjadi anggota dan berlangganan di tempat anda, yang tidak bisa didapatkan kalau hanya membeli putus saja, hal ini akan mempercepat perkembangan bisnis anda menjadi lebih besar.

4. Pemasaran menggunakan Media Video

Tawarkan membership: tawarkan membership atau keanggotaandengan berbagai macam tawaran menarik jika menjadi anggota dan berlangganan di tempat anda, yang tidak bisa didapatkan kalau hanya membeli putus saja, hal ini akan mempercepat perkembangan bisnis anda menjadi lebih besar.

Membuat article video untuk pemasaran merupakan model yang sangat menjanjikan untuk melakukan pemasaran dan iklan melalui media internet yang dapat dibuat dalam durasi yang relatif singkat, sekitar 2-5 menit video tentang topic yang spesifik dengan menggunakan konten tentang artikel dan sumber teks yang lain. Kemudian video diupload ke berbagai situs video sharing seperti youtube untuk didistribusikan ke berbagai masyarakat, baik secara terbatas di jejaring social, maupun media social dan website atau blog dengan menyisipkan link ataupun embed (sisipan video).
Pemasaran menggunakan video merupakan perluasan model pemasaran tetapi berfungsi sebagai media alternatif bagi perusahaan atau lembaga untuk menyampaikan pesan mereka kepada masyarakat yang lebih luas, dan mendapatkan lebih banyak tanggapan. Menjadikan media audio visual, yang merubah artikel menjadi video dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membaca artikel tentang penyampaian pesan atau iklan.
Beberapa perangkat lunak opensource/freeware yang dapat kita gunakan untuk mengolah video sebagai media pemasaran adalah sebagai berikut;

Avidemux (http://avidemux.sourceforge.net/download.html – win, linux)
Blender (http://www.blender.org/download// – linux, windows, mac)
Cinelerra (http://cinelerra.org/getting_cinelerra.php – linux )
Kdenlive (http://kdenlive.org/ – linux, mac)
Kino (http://www.kinodv.org/article/static/1 – linux)
LiVES
OpenShot (http://www.openshot.org/download – linux)
VirtualDub (http://www.virtualdub.org/download.html)
VirtualDubMod (http://www.videohelp.com/tools/VirtualdubMOD)
Debugmode Wax
Lightworks (http://www.lwks.com)
Pinnacle Videospin (http://videospin.en.softonic.com)
Smartpixel
VideoThang
Windows Movie Maker (http://www.windows-movie-maker.org/)

sumber referensi : https://alyaonlin.blogspot.com/p/pemasaran-onlin-menggunakan.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *