Memulai Bisnis Online Gratis Dengan Affiliate Marketing

daftar affiliate marketing, affiliate marketing terpercaya, affiliate marketing lazada, contoh affiliate marketing, cara menjadi affiliate marketing, cara menjadi affiliate yang sukses, pengertian affiliate marketing adalah, bisnis afiliasi lewat facebook

Memulai Bisnis Online Gratis Dengan Affiliate Marketing

daftar affiliate marketing, affiliate marketing terpercaya, affiliate marketing lazada, contoh affiliate marketing, cara menjadi affiliate marketing, cara menjadi affiliate yang sukses, pengertian affiliate marketing adalah, bisnis afiliasi lewat facebook

Mendasar :

  1. Produk Online yang Lengkap dan Kredibel.
  2. Produk merupakan tema-tema yang disukai dan dibutuhkan banyak orang, terutama dari kalangan pekerja kantoran dan pelaku bisnis.
  3. Harga produk sangat atraktif dibanding value yang diberikan. Harga jual produk edubisnis sangat reasonable, terutama jika melihat value yang diberikan.
  4. Komisinya maknyus.
  5. Dukungan Materi Promosi Seumur Hidup.

 

Mengingat :

  1. Tidak ada biaya produksi
  2. Biaya awal yang rendah
  3. Tidak ada biaya atau lisensi
  4. Dapat menjual apa saja
  5. Tidak membutuhkan pengalaman sales / menjual
  6. Tidak perlu ada karyawan
  7. Tidak menanggung biaya pemrosesan order
  8. Tidak perlu ada stok barang
  9. Tidak perlu repot melakukan pengiriman
  10. Tidak perlu ada Customer Service
  11. Menghasilkan uang ketika anda tidur
  12. Pasar seluruh dunia
  13. Bekerja darimana saja di dunia
  14. Resiko kecil
  15. Potensi penghasilan yang besar

Maka akhir-akhir ini belanja online yang mengalami kemajuan luar biasa saat ini sangat menguntungkan bagi blogger. Tak hanya pembelian berbagai barang, tiket perjalanan dan hotel juga lebih banyak dibeli secara online. Bahkan layanan seperti percetakan sampai booking antrian rumah sakit juga telah dilayani secara online. Persaingan di layanan online meningkat sehingga media seperti blog menjadi salah satu solusi untuk membantu merketing perusahaan-perusahaan tersebut.

 

Pada dasarnya, kerjasama ini berdasarkan komisi. Perusahaan tersebut akan memasang banner atau menanamkan backlink di blog yang bersangkutan. Dalam link tersebut terdapat kode khusus untuk mencatat poin yang didapat blog tersebut. Poin tersebut merupakan hasil dari respon yang dilakukan pengunjung blog. Dahulu kebanyakan jumlah poin dihitung dari klik yang menghasilkan transaksi atau melakukan instal aplikasi di situs penjualan yang bersangkutan. Tapi dalam perkembangannya, persaingan antar portal penjualan sangat ketat sehingga mereka melonggarkan aturan tersebut. Beberapa portal penjualan tetap mempertimbangkan jumlah klik mesti tak semua yang klik berakhir dengan transaksi, tapi tentu saja dengan imbalan yang jauh lebih kecil.

 

Untuk menebarkan sebanyak mungkin link yang mengarah ke website e-commerce tersebut, beberapa perusahaan aktif melakukan perekrutan, namun blogger bisa mendaftarkan diri langsung ke situs-situs tersebut. Jadi jika kita ingin membiarkan satu widget di sidebar untuk mengumpulkan pendapatan dari afiliasi, tak perlu menunggu event perekrutan digelar. Pelajari saja ketentuannya di website yang bersangkutan. Jika kurang jelas, kita bisa email ke kontak yang disediakan. Mereka akan dengan senang hati menjawab karena mereka membutuhkan banyak blog untuk bergabung sebagai afiliasi mereka.

 

Bukan marketer namanya kalau tidak kreatif mengembangkan model afiliasi ini. Ada juga yang menyajikan dengan cara yang lebih menarik, yaitu memberikan kupon diskon digital. Disini blogger yang diberi tugas menawarkan diskon menggunakan kode atas nama dirinya di portal klien sebagai voucher. Cara ini dianggap cocok dilakukan oleh blogger karena lebih personal mengingat itulah keunggulan blogger sebagai penyampai informasi dan promosi.

 

Umumnya blogger baru bisa mencairkan komisi tersebut setelah mencapai jumlah tertentu. Pertimbangkan dengan baik sebelum bergabung ke dalam satu afiliasi berdasarkan berapa jumlah pageview di blog dan berapa persen perkiraan yang akan tertarik dengan bannner afiliasi tersebut. Itulah sebabnya meski blogger cukup memasang banner, tapi tak semua blogger mau melakukannya. Butuh waktu lama untuk mencapai ambang minimal dan mencairkan pendapatannya jika blog tidak dioptimalkan dengan baik. Tapi jika memutuskan untuk mengaktifkan afiliasi, blogger harus rajin menaikkan pageview dan meletakkan link di posisi-posisi strategis.

 

Sebaiknnya blogger tidak mendaftarkan diri ke banyak platform yang memiliki program afiliasi mengingat keterbatasan sidebar, cukup satu atau dua program saja. Side bar yang penuh dengan banner akan membuat loading time sangat lambat dan mengakibatkan tingkat bounce tinggi.

 

Ada anggapan bahwa affiliate ini adalah cara termudah mendapatkan uang karena hanya menempatkan link, maka uang akan datang. Padahal secara keseluruhan, ini perlu kerja keras untuk menaikkan jumlah pengunjung. Siapa yang akan bertransaksi melalui link tersebut jika blog itu sendiri tidak terawat sehingga jumlah pengunjung rendah.

 

Umumnya blogger baru bisa mencairkan komisi tersebut setelah mencapai jumlah minimal tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *