MARKETING PLAN

contoh marketing plan perusahaan makanan,contoh marketing plan produk baru,contoh marketing plan perusahaan sepatu,contoh proposal marketing planning,makalah contoh marketing plan,contoh marketing plan pdf,contoh marketing plan perusahaan properti,contoh marketing plan produk minuman

MARKETING PLAN

contoh marketing plan perusahaan makanan,contoh marketing plan produk baru,contoh marketing plan perusahaan sepatu,contoh proposal marketing planning,makalah contoh marketing plan,contoh marketing plan pdf,contoh marketing plan perusahaan properti,contoh marketing plan produk minuman
USAHA JASA pembersihan otomobil DAN sepeda motor
“CAHYA RIZKI”

Dizaman seperti sekarang ini, kepraktisan tentu memiliki nilai lebih bagi hampir semua masyarakat. Kesibukan beberapa kalangan masyarakat, terutama kalangan menengah ke atas yang kebanyakan waktu bekerjanya padat membuat mereka terkadang tidak mempunyai waktu buat mencuci kendaraan mereka, sementara mereka tetap ingin menggunakan kendaraannya dalam keadaan bersih. Dari sanalah muncul sebuah peluang buat membantu mereka yang kesibukannya padat buat tetap menjaga kebersihan kendaraan pribadinya. Maka saya berfikir buat membuka jasa pembersihan otomobilan sepeda motor.
“CAHYA RIZKI” merupakan jasa yang bergerak dipelayanan pembersihan otomobil dan sepeda motor. Jasa pembersihan otomobil ini tidak hanya diperbuatan bagi kendaraan pribadi namun juga kendaraan operasional milik perusahaan, CV, dinas pemerintah daerah setempat, dan lain-lain. Artinya target pasar utama saya adalah kendaraan pribadi dan otomobil-otomobil operasional.
Sebenarnya jasa pembersihan otomobil dan sepeda motor “CAHYA RIZKI” bukanlah jasa cuci otomobil dan sepeda motor pertama yang ada di Kota Bontang. Selain masih adanya market space buat jasa pembersihan otomobil dan sepeda motor di Kota Bontang, saya mencoba buat melengkapi kekurangan jasa pembersihan otomobil dan sepeda motor yang sudah hadir sebelumnya, lewat keunggulan-keunggulan kompetitif tertentu yang saya miliki yang juga saya gunakan buat bersaing lewat jasa pembersihan otomobil dan sepeda motor lainnya.

VISI DAN MISI

VISI

“Menjadi penyedia jasa pembersihan otomobil dan sepeda motor yang terbaik yang dapat memberikan kepuasan kepada setiap pelangganya”

MISI

 Memberikan layanan yang ramah kepada pelanggan
 Mengutamakan kualitas kebersihan hasil pembersihan otomobil dan sepeda motor (kebersihan luar dan dalam kendaraan)
 Memberikan tempat menunggu yang nyaman dan menyediakan mini café
 Menjaga keamanan kendaraan pelanggan
 Mendirikan cabang buat mendistribusikan usaha saya agar lebih dapat menjangkau pelanggan
 Membangun inovasi terbaru, terutama dalam teknologi perlengkapan dan peralatan

b. Aspek utama

 Produk
Produk utama : Jasa Cuci otomobil
 Cuci Biasa
Cuci biasa adalah pembersihan otomobil dilakukan standar lewat membersihkan body dan sofa (bagian dalam) otomobil.
 Cuci Bersih
Cuci Bersih adalah pembersihan otomobil dilakukan lewat membersihkan body, bagian dalam otomobil (sofa,karpet), dan bagian mesin.
 Cuci Bersih Bersih (double bersih)
Cuci double bersih adalah pembersihan otomobil yang sangat kotor, yang biasanya dilakukan pada otomobil operasional perusahaan yang keluar masuk daerah tambang atau daerah berlumpur.

Produk kedua : Jasa Cuci sepeda motor
Produk ketiga : Mini Café
 Harga
Cuci otomobil :
 Cuci Biasa = Rp 30.000
 Cuci Bersih = Rp 45.000
 Cuci Bersih Bersih = Rp 60.000
 Cuci sepeda motor = Rp 10.000
 Place
Lokasi saya sangat strategis yaitu di pinggil jalan DI Panjaitan. lewat lokasi parkir yang cukup lebar. Mudah dijangkau.
 Pemasaran
Pemasaran utama yang saya gunakan sebenarnya adalah word of mouth yang mana kita ketahui bahwa word of mouth lebih ampuh dari sekedar menyebarkan brosur.
Selain itu saya memasang spanduk di depan usaha “CAHYA RIZKI” agar masyarakat dapat menemukan lokasi saya lewat lebih mudah lagi.
Dan menggunakan facebook dan twitter buat promosi online.

Rencana Pemasaran “CAHYA RIZKI” jasa pembersihan otomobil dan sepeda motor
Lokasi usaha saya yang berada dipinggir jalan DI Panjaitan Bontang merupakan satu keunggulan yang usaha saya miliki. Lokasi strategis ini sangat mudah ditemui. saya membangun lokasi parkir otomobil yang cukup luas agar walaupun banyak otomobil yang mencuci namun otomobil lain masih bisa masuk dan memarkir kendaraannya dan menunggu dicafe yang disediakan disebelah pembersihan otomobil dan sepeda motor.
buat kedepannya “CAHYA RIZKI” akan membuka cabang lain yang berlokasi strategis agar dapat menjangkau pelanggan.
Selain itu seiring pertumbuhan usaha “CAHYA RIZKI”, saya akan mencoba menggunakan strategi “jemput bola”, yaitu lewat menerima jasa jemput dan antar otomobil dan sepeda motor. Kesibukan karyawan yang mungkin tidak sempat mengunjungi “CAHYA RIZKI” buat mencuci kendaraannya akan saya mudahkan lewat layanan antar jemput. lewat menambah sejumlah biaya yang tidak terlalu banyak, pelanggan dapat menelpon saya dan kendaraan akan saya jemput, cuci dan antarkan kembali. buat itu saya perlu mnumbuhkan usaha saya dan menambah karyawa buat jasa penjemputan dan pengantara kendaraan.

 

II. ANALISIS SITUASI

a. Analisis Lingkungan Internal
 Sumber Daya Manusia
Awalnya karyawan jasa pembersihan otomobil “CAHYA RIZKI” hanya mempunyai 2 orang karyawan lalu kemudian saya kewalahan melayani pelanggan lewat 2 orang karyawan saja maka saya memutuskan buat merekrut 3 orang lagi dan kini saya mempunyai 5 orang karyawan pencuci otomobil dan sepeda motor. Sistem perekrutan yang saya lakukan adalah lewat mengutamakan pengalamannya. 4 dari 5 karyawan saya merupakan orang-orang yang sudah pernah bekerja di pembersihan otomobil sebelumnya, sehingga mereka sudah banyak mengetahui mencuci otomobil lewat baik dan benar. Sementara 1 karyawan saya lagi tidak banyak memiliki pengalaman mencuci otomobil sehingga ditempatkan pada posisi mencuci sepeda motor.
Kinerja ke-5 karywan saya sangat bisa diandalkan, bahkan saat ini pelanggan mempunyai pencuci otomobil dan sepeda motor favorite mereka sendiri. Seperti misalnya Bapak A lebih cocok lewat hasil kerja karyawan K daripada yang lainnya maka setiap ia datang mencuci otomobilnya ia memilih karyawan K buat mencuci otomobilnya. Hal tersebut tentunya menjadi nilai tambah bagi usaha saya.
Sistem penggajian sangat sepadan lewat kerja karyawan. Banyaknya otomobil dan sepeda motor yang mencuci mempengaruhi pendapatan mereka sehingga dapat meningkatkan semangat karyawan buat mendapatkan pelangga lebih banyak lagi.

 Peralatan dan perlengkapan
Peralatan dan perlengkapan pembersihan otomobil dan sepeda motor saya sangat lengkap dan sudah menggunakan tekhnologi ‘salju‘ atau sabun yang disemprotkan menyerupai salju. saya memiliki menggunakan air bersih yang tidak membuat otomobil atau sepeda motor menjadi bau setelah dicuci. Sabun dan KIT yang saya gunakan juga kualitas yang baik dan tidak meninggalkan cacat pada body otomobil dan sepeda motor.

 Stuktur Perusahaan
Struktur “CAHYA RIZKI” pembersihan otomobil dan sepeda motor sangat sederhana mengingat usaha saya adalah usaha perseorangan. Sehingga organisasi dalam usaha ini tidak kaku bahkan sangat fleksibel. Hal ini merupakan kekuatan tersendiri bagi usaha saya karna semua masalah dapat ditangani lewat cepat karna tidak ada sistem kaku yang memperlambat tindakan. Bentuk komunikasi baik dari pemilik dan karyawan juga tidak kaku. Sehingga keluhan karyawan atau apa yang ingin disamapaikan oleh karyawan termasuk ide-ide sangat bebas dibicarakan dan dicari solusinya. Kepuasan pelanggan adalah tujuan utama “CAHYA RIZKI”. Budaya ini diterapkan di lingkungan kerja karyawan guna memaksimalkan kinerja mereka. lewat beorientasi pada pelanggan, diharapkan karyawan mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan sehingga dapat terjaga loyalitas mereka.
Selain itu, masalah etika juga diterapkan di lingkungan kerja karyawan. Hal ini buat menjaga lingkungan kerja yang kondusif. lewat berpedoman pada etika dan budaya kerja, karyawan dimotivasi buat memaksimalkan kinerja mereka dalam menciptakan kepuasan konsumen.

 Keuangan Perusahaan
Modal “CAHYA RIZKI” pembersihan otomobil dan sepeda motor terdiri dari modal sendiri dan beberapa persen pinjaman bank. saya melakukan pencatatan keuangan yang cukup baik. saya mencatat pendapatan saya setiap hari, pengeluaran buat perlengkapan dan lain-lain, dan saya mampu mencatat laba yang saya dapat setiap bulannya. Serta peningkatan laba yang saya dapatkan.

b. Analisis Konsumen
 Konsumen saat ini
Sejauh ini konsumen terbanyak adalah konsumen dari produk Cuci Bersih dan Cuci sepeda motor. Karna memang kendaraan pribadi saat ini masih mendominasi pembersihan otomobil saya. Banyaknya masyarakat yang cukup sibuk lewat jam kantor membuat mereka lebih banyak mengunjungi “CAHYA RIZKI” pembersihan otomobil dan sepeda motor pada jam-jam pulang kerja seperti jam 3 – 4 sore. Hal tersebut mengakibatkan penumpukan kendaraan setiap jam 3-4 sore. Sementara “CAHYA RIZKI” pembersihan otomobil dan sepeda motor tutup sekitar pukul setengah 6 sore. Dan sebenarnya hal tersebut cukup menyulitkan karyawan saya karna mereka bekerja lebih ekstra setiam jam-jam tersebut.
 Potensinya
Potensi yang dapat diambil dari perilaku konsumen tersebut, saya akan mencoba meakukan strategi antar jemput kendaraan. Sehingga konsumen tidak perlu datang berbondong-bondong setiap jam 3-4 sore. Karyawan saya akan saya tugaskan buat menjemput dan mengantar otomobil pelanggan jika pelanggan melakukan order. lewat begitu diharapkan juga mampu menambah jumlah pelanggan saya dan pendapatan saya.

c. Analisis Lingkungan Eksternal
 Pesaing
Pesaing dari penyedia jasa pembersihan otomobil di Kota Bontang cukup banyak. Terutama persaingan harga pada produk “ Cuci double bersih”, ada beberapa pesaing yang khusus melakukan pembersihan otomobil-otomobil operasional tambang lewat harga yang lebih murah. Pesaing lain datang dari jasa pembersihan sepeda motor. Harga jasa cuci sepeda motor sejauh ini hampir sama yaitu Rp 10.000/sepeda motor, namun baru-baru ini muncul pesaing yang menawarkan harga Rp 7000/sepeda motor. Pesaing buat Cuci Biasa dan Bersih sendiri belum terlalu banyak.

 Pertumbuhan dan Stabilitas Ekonomi
Stabilitas ekonomi di Indonesia yang belum menemukan kestabilan berakibat pada perilaku konsumen serta pola pembeliannya. Rencana kenaikan harga bahan bakar minyak berpengaruh pada meningkatnya inflasi di Indonesia. Hal tersebut jelas mengakibatkan harga barang-barang lain mengalami kenaikan juga, khususnya harga bahan-bahan kebutuhan pokok. Harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan akan mendorong konsumen buat lebih berhati-hati dalam membeli suatu produk. Stabilitas ekonomi selain memengaruhi perilaku konsumen juga memengaruhi beberapa harga perlengkapan usaha “CAHYA RIZKI”.

 Perkembangan Teknologi
Perkembangan teknologi pada era globalisasi ini sangat cepat dan memiliki dampak yang besar. Bisnis-bisnis yang tidak mengikuti perkembangan teknologi pasti akan kalah dalam persaingan. Teknologi pada saat ini mengambil peran yang sangat besar dalam mempengaruhi bisnis.
Peranan teknologi dalam pemasran yakni menunjang kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan, ditujukan buat merencanakan, menentukan harga, serta kaitannya lewat mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa kepada kelompok pembeli. Sehingga pemasaran barang dan jasa dapat berjalan secara maksimal
Proses pencarian informasi yang dilakukan oleh suatu perusahaan juga membutuhkan sistem teknologi yang baik. Hasil dari proses ini akan menentukan strategi yang digunakan perusahaan sehingga pemilihan teknologi yang tepat akan mempengaruhinya.
Pada saat ini, teknologi internet adalah teknologi yang paling besar pengaruhnya. Internet membawa dampak transpormasional yang menciptakan paradigma baru dalam berbisnis, berupa digital marketing atau internet marketing. Istilah internetisasi mengacu pada proses sebuah perusahaan terlibat dalam aktivitas-aktivitas bisnis secara elektronik, khususnya lewat memanfaatkan internet sebagai media, pasar, maupun infrastruktur penunjang.
lewat teknologi informasi yang terkoneksi lewat jaringan internet global memberikan peluang dalam pemasaran produk atau jasa, lewat jaringan internet dan fitur web yang menarik merupakan salah satu alat promosi yang baik dan lebih murah.

3. ANALISIS SWOT
a. Kekuatan (strength)
 Inovasi produk, pengembangan jasa produk dari yang hanya Cuci Biasa menjadi Cuci Biasa, Cuci Bersih, dan Cuci Double Bersih.
 Penataan tata ruang yang kondusif dan menarik, dimana terdapat tempat dan kursi yang nyaman buat menunggu dan berbicang-bincang, dilengkapi kafe buat memesan minuman dan camilan bahkan makanan.
 Karyawan yang professional, ramah dan sopan dalam menghadapi pelanggan.
 Menjaga keamanan kendaraan.

b. Kelemahan (weakness)
 Harga lebih mahal sedikit dibandingkan pesaing.
 Kurang menjangkau konsumen menengah ke bawah
 Kurangnya Karyawan pencuci otomobil saat banyak pelanggan yang hendak mencuci otomobildan sepeda motor (seperti saat menjelang hari raya, hari libur kerja, weekend)

c. Peluang (opportunities)
 Meningkatkan peluang buat menarik pelanggan lewat cara memberikan layanan yang melebihi harapan pelanggan
 Pesaing yang mempunyai layanan hampir sama masih sedikit memberi peluang yang besar.
 Perkembangan teknologi dan komunikasi dapat digunakan sebagai sarana buat mempromosikan produk
 Memasarkan produk dari mulut ke mulut karna kebanyakan pelanggan adalah rekan.
 Menjadi pilihan beberapa orang buat mencuci kendaraan sambil berkumpul setelah pulang kerja, melakukan aktifitas, atau sehabis berolahraga.

d. Ancaman (threat)
 Mulai munculnya pesaing-pesaing baru
 Inflasi yang tinggi membuat jumlah biaya operasinal meningkat
 Tingkat perkembangan teknologi yang sangat cepat dan harus selalu diikuti oleh perusahaan agar “CAHYA RIZKI” pembersihan otomobil dan sepeda motor dapat terus mengikuti mencuci kendaraan lewat peralatan yang semakin canggih.

f. Mengembangkan Keunggulan Bersaing
“CAHYA RIZKI” Jasa pembersihan otomobil dan sepeda motor akan mengembangkan keunggulan bersaing sebagai berikut :
1. saya fokuskan pada kualitas hasil cuci saya. Bersih dan sesuai lewat harga yang dibayarkan oleh pelanggan.
2. Didukung lewat tempat yang nyaman buat menunggu saat otomobil atau sepeda motor pelanggan dicuci.
3. Keunggulan bersaing yang coba saya kembangkan nantinya adalah sistem antar jemput kendaraan. Pelanggan yang sedang sibuk dan tidak sempat datang ke “CAHYA RIZKI” Jasa pembersihan otomobil dan sepeda motor dapat menelpon saya dan melakukan order antar jemput kendaraan. lewat begitu “CAHYA RIZKI” jasa pembersihan otomobil dan sepeda motor lebih unggul dalam hal kepraktisan.

g. Analisis strategi fokus
Berdasarkan analisis SWOT yang telah dibuat, “CAHYA RIZKI” pembersihan otomobil dan sepeda motor memfokuskan strateginya pada karyawan yang profesional dan penjagaan kendaraan yang aman. Hal tersebut disebabkan, kedua elemen tersebut memiliki pengaruh dan kepentingan yang tinggi pada hasil pemasaran.
1. Karyawan yang profesional dilakukan lewat menciptakan memberikan motivasi kerja dan kesejahteraan kepada karyawan yang diharapkan dapat memotivasi karyawan bekerja lewat lebih profesional.
2. Penjagaan dan tanggung jawab saya terhadap kendaraan milik pelanggan akan saya pertahankan dan tingkatkan lewat menggunakan sistem pengamanan yang baik. lewat menggunakan nota pada saat pengambilan kendaraan jika kendaraan ditinggal pemiliknya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.SWOT Matrix

Bobot dan Rating Analisis SWOT

Kekuatan (Strength) B R S Kelemahan (Weakness) B R S
1.  Inovasi produk

2.  Tata ruang yang baik

3.  Karyawan yang professional

4.  Penjagaan kendaraan yang aman

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

2

 

3

 

3

 

3

2

 

3

 

3

 

 

 

 

6

4

 

9

 

9

 

 

1.  Harga yang lebih mahal

2.  Kurang menjangkau konsumen menengah ke bawah

3.  Kurangnya banyak nya karyawan

 

-3

 

 

-3

 

-2

 

 

2

 

 

1

 

2

 

 

-6

 

 

-3

 

-4

 

 

Peluang (Opportunities) B R S Ancaman (Threat) B R S
1.    Pelayanan yang lebih dari ekspektasi pelanggan

2.    Memberikan gratis cuci setiap 8 kali cuci

3.    Pesaing yang mempunyai layanan hampir sama masih sedikit memberi peluang yang besar.

4.    Memasarkan produk dari mulut ke mulut

5.    Menjadi pilihan beberapa orang untuk mencuci kendaraan sambil berkumpul

 

2

 

 

2

 

 

3

 

 

 

 

3

 

1

 

3

 

 

3

 

 

2

 

 

 

 

3

 

2

 

6

 

 

6

 

 

6

 

 

 

 

 

9

 

 

2

1.  Mulai muncul pesaing baru

2.  Inflasi yang meningkatkan biaya

3.  Perkembangan teknologi terlalu cepat

 

-3

 

-1

 

-3

 

 

 

 

3

 

2

 

3

 

 

 

 

-9

 

-2

 

-9

 

 

 

 

Keterangan

 

Bobot ( B )

  1. Untuk Kekuatan dan Peluang
  • Pengaruhnya besar : 3
  • Pengaruhnya sedang : 2
  • Pengaruhnya kecil : 1
  1. Untuk Kelemahan dan Ancaman
  • Pengaruhnya besar : -1
  • Pengaruhnya sedang : -2
  • Pengaruhnya kecil : -3

Rating (R)

  • Sangat penting : 3
  • Penting : 2
  • Tidak Penting : 1

 

Skor (S) = Bobot (B) x Rating (R)

 

 

Artikel ini telah tayang di : https://www.academia.edu
dengan Judul : MARKETING PLAN CR USAHA JASA PENCUCIAN MOBIL DAN MOTOR
Penulis : pramudya bimantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *