Landing Page – Arti & Tujuan Untuk Internet Marketing

contoh landing page cara membuat landing page apa itu landing page wordpress landing page gratis pengertian landing page website perbedaan landing page dan website cara membuat landing page gratis deskripsi landing page

Landing Page – Arti & Tujuan Untuk Internet Marketing

contoh landing page  cara membuat landing page  apa itu landing page wordpress  landing page gratis  pengertian landing page website  perbedaan landing page dan website  cara membuat landing page gratis  deskripsi landing page

Contoh Landing Page
Setelah berapa waktu lalu, kita pernah membahas Apa itu Landing Page. Jika Anda belum membacanya, bolehlah Anda tengok sebentar Artikel Landing Page – Apa Itu? untuk sekedar mengenangnya. siapa tahu membuat Anda jatuh cinta. hehe.

(Mungkin) Anda pernah mendengar bahwa untuk memaksimalkan internet marketing Anda, khususnya optimasi mesin pencari, Anda perlu membuat satu halaman yang ditujukan khusus untuk tujuan marketing tersebut.

Halaman khusus tersebutlah yang pada umumnya biasa disebut orang – orang sebagai landing page. Halaman khusus ini hanya berisikan informasi yang berhubungan dengan produk dan jasa apa yang Anda tawarkan. Nah lho . . . sudah punya belum?

Pada artikel lanjutan ini mari kita bahas secara bersama-sama tentang apa sih arti dari landing page lebih lanjut dan tujuan utama pembuatannya secara lebih mendetail lagi.

Definisi Landing Page

Landing page adalah halaman pertama yang pengunjung anda kunjungi ketika pertama kali memasuki website anda. Ya, hanya sesimpel itu.

Dan bukan saja 1 halaman khusus itu, namun seluruh halaman pada website anda dapat disebut sebagai landing page jika itu adalah halaman yang pertama kali dikunjungi oleh pengunjung website Anda.

Sebuah halaman Landing Page biasanya dibuat untuk mendapatkan database dari pengunjung yang datang. Pada umunya, menukar alamat email pengunjung dengan hal relevan yang bisa mereka dapatkan. Misalnya saja, Ebook gratis, Kursus Gratis, Voucher dll. Yes, benar yang Anda pikirkan. Ini adalah cara brilian untuk mendapatkan prospek atawa lead dari produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Misal bisnis anda adalah jasa pembuatan perabotan dan anda ingin supaya calon pelangan mengetahui bahwa anda memiliki jasa pembuatan perabotan untuk kantor. Anda bisa mendapatkan email calon pembeli perabotan kantor dengan memberikan tips & trik bagaimana merawat perabotan kantor melalui email.Dan pada akhirnya Anda tetap mempromosikan jasa Anda. Menarik bukan? ^^

Kemudian Anda bisa menargetkan keyword jasa pembuatan perabotan kantor pada Google Keyword Planner. Sehingga topik Anda akan semakin berkembang ke kategori yang lebih luas dan pasar yang lebih besar. Contohnya, kategori perabotan, misal perabotan rumah tangga, rumah sakit, restoran, dll.

Tujuan Landing Page

Banyak sekali orang yg menargetkan homepage website mereka sebagai landing page untuk semua jenis internet marketing mereka. Dan sayangnya cara ini belumlah cukup efektif. Banyak dari pengunjung merasa bahwa bukan konten seperti inilah yang mereka cari atau mereka merasa konten ini kurang terlalu relevan dengan apa yang mereka cari.

Oleh karena itu landing page yang dikhususkan untuk masing – masing produk atau jasa yang Anda tawarkan agar dapat menghasilkan konversi penjualan yang lebih baik. lebih banyak tentunya

Dalam sebuah website, Anda dapat membuat banyak sekali landing page untuk produk yang berbeda – beda, tergantung seberapa luasnya pengetahuan internet marketing anda.

Landing page yang dikhususkan untuk online marketing pada dasarnya memiliki beberapa elemen – elemen yang sama dengan halaman website anda yang lain, seperti header dan footer.

Hanya saja landing page tersebut tidak dapat diakses dari halaman – halaman utama website anda. Pengunjung yang masuk ke dalam landing page tersebut bersumber dari link – link hasil promosi Anda, seperti Google Adwords, SEO, social media, dan lain – lain.

Beberapa Tips Landing Page yg Baik

Landing page harus memuat informasi secara SEDERHANA dan JELAS. Usahakan informasi untuk tiap – tiap produk atau jasa yang Anda tawarkan hanya dimuat dengan hanya satu halaman saja. inilah Iklannya Iklan Anda

Waspada untuk tidak memasukan terlalu banyak konten yang berupa gambar, animasi, dan video. Konten – konten seperti itu relatif sulit dibuka dari perangkat mobile, apalagi jika terlalu banyak.

Ingatlah untuk memasukan “call-to-action” yang sangat jelas dan mengundang orang untuk melakukan suatu hal, misalnya untuk membeli atau mendapatkan email pengunjung. Yang tentu saja merupakan tujuan utama Anda melakukan internet marketing ini kan?

Kemungkinan Anda pernah melihat beberapa contoh landing page yang desainnya dibuat sedikit berbeda dengan halaman – halaman utama website tersebut. Biasanya, Ada yg meletakkannya pada header dan footer. Menu – menu di header dan link – link di footer landing page tersebut dihilangkan dan dibedakan dengan website utamanya.

Tujuannya supaya pengunjung website tersebut lebih terfokus pada satu aksi yaitu merespon call-to-action dari landing page tersebut, tanpa harus berpindah – pindah ke halaman. Dan tetap berada halaman utama website Anda.

Hal ini dapat dilakukan jika tujuan dari landing page Anda adalah hal yang mudah. Misal saja anda menjual produk yang dapat dibeli orang tanpa perlu berpikir panjang, atau anda membuat landing page dengan tujuan untuk membagikan e-book gratis atau tips dan trik newsletter, sebagai strategi marketing Anda.

Dengan tidak adanya link menuju ke halaman lain di landing page tersebut, memungkinan orang untuk segera merespon call-to-action akan meningkat lebih besar. Dan hal ini kurang efektif jika anda ingin menjual produk yang cukup kompleks pada landing page milik Anda tersebut.

sumber referensi : http://lapakmarketing.blogspot.com/2015/07/landing-page-arti-tujuan-untuk-internet.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *