Kunci Keberhasilan Bisnis RTRWNET atau WISP

izin usaha rt rw net,peraturan rt/rw ne,rt rw net dilarang,izin mendirikan rt rw net,rt rw net indihome,rt rw net adalah,sweeping rt rw net 2017,perizinan rt rw net

Kunci Keberhasilan Bisnis RTRWNET atau WISP

izin usaha rt rw net,peraturan rt/rw ne,rt rw net dilarang,izin mendirikan rt rw net,rt rw net indihome,rt rw net adalah,sweeping rt rw net 2017,perizinan rt rw net

Di posting ini akan membagi pengalaman dalam menjalankan bisnis RTRWNET atau WISP (Wireless Internet Service Provider). Setelah 7 tahun menjalankan/membangun RTRWNET dan dari mengamati teman-teman yang sukses dalam bisnis ini maka saya berani menyimpulkan faktor yang membuat sukses.

Menjual akses internet unlimited ke daerah/wilayah (rural area) yang belum terjangkau akses internet unlimited.
Mendirikan beberapa tower repeater di area/wilayah padat penduduk.
Menjual akses internet unlimited di suatu lingkungkan/komplek perumahan dengan biaya bulanan harus lebih murah dari telkom speedy
Memberikan pelayanan lebih kepada pelanggan.

Uraian nomor 1:

Anda harus mendirikan tower triangle minimal 20m lebih baik 30m di areah dengan topografi datar atau dekat pantai. Karena dengan membangun di area dekat pantai maka Anda dapat melayani daerah pegunungan atau perbukitan. Tower yang ada di daerah perbukitan dapat lebih mudah memandang tanpa halangan ke tower Anda.
Frekuensi yang di pilih lebih baik 5.8 Ghz untuk backbone-nya jika menggunakan 2.4 Ghz, interferensi/noise tinggi sehingga menyebabkan gangguan pada akses internet.

Kemudian tower berada di bukit di pasang antena omni atau sektoral 2.4Ghz untuk memancarkan sinyal di area tersebut atau juga dapat di pasang antena grid 2.4Ghz untuk link point to point dengan pelanggan yang berjarak lebih dari 2Km.

Untuk Anda yang berminat terjun di bisnis ini dengan sasaran daerah/wilayah pelosok maka peluang masih terbuka lebar atau potensi pasar masih luas tetapi memerlukan modal lumayan besar.

Uraian nomor 3:

Anda harus mendirikan tower minimal menggunakan pipa galvanis sudah cukup di area komplek perumahan atau padat penduduk. Ketinggian tower cukup 20m dan dipasang antena omni atau sektoral 90o/120o/180o. Frekuensi 2.4Ghz. Menurut pengalaman saya antena sektoral lebih cocok untuk mengkover area perumahan karena sinyal WiFi memancar kebawah. Dalam pemilihan radio akses point tidak perlu yang berspesifikasi tinggi kecuali memang ingin mengkover area yang lebih luas lagi.
Anda lebih baik sebelumnya mengadakan sosialisasi di lingkungan RT/RW agar mendapat dukungan dari warga dan jelaskan tujuan dari pendirian pemancar internet RTRWNET agar warga dapat mengakses internet unlimited lebih murah dari telkom speedy serta jelaskan manfaat lainnya.

Modal yang dibutuhkan dalam pendirian RTRWNET area komplek perumahan tidak besar, sekitar 5 juta-an sudah bisa.

Artikel ini telah tayang di : http://batangbolic.blogspot.com
dengan Judul : Kunci Keberhasilan Bisnis RTRWNET atau WISP Wajib Di Baca
Penulis : Falentino eka laksana putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *