KESEIMBANGAN kapabilitas SUPPLY dan DEMAND

strategi mengelola permintaan jasa,permintaan melebihi kapasitas,contoh permintaan jasa,pengertian mengelola permintaan,menyeimbangkan produksi permintaan dengan kapasitas produksi,manajemen permintaan dan penawaran jasa,pengelolaan permintaan,kapasitas jasa

KESEIMBANGAN kapabilitas SUPPLY dan DEMAND

strategi mengelola permintaan jasa,permintaan melebihi kapasitas,contoh permintaan jasa,pengertian mengelola permintaan,menyeimbangkan produksi permintaan dengan kapasitas produksi,manajemen permintaan dan penawaran jasa,pengelolaan permintaan,kapasitas jasa

Pada dasarnya, bisnis yang sehat ialah terpenuhinya KESEIMBANGAN kapabilitas SUPPLY dan DEMAND.
SUPPLY engga hanya dipengaruhi oleh faktor material (bahan baku), tapi juga oleh kapabilitas pembuatan. Secara umum kapabilitas pembuatan dipengaruhi oleh 3 faktor:
1. Material/bahan baku -» material pokok, maupun pendukung
2. Manusia -» tenaga kerja
3. Alat/mesin pembuatan

Contoh: sebuah pabrik yg mesin2nya dioperasikan oleh manusia, dan buat pembuatan diperlukan minimal 5 mesin, 10 orang operator mesin, dan 100 material per hari.
Jika salah satu faktornya tdk dipenuhi, maka hasilnya engga akan terpenuhi 100% saat kapabilitas minimal tersebut. IMPACT-nya ialah Anda harus mengeluarkan EXTRA cost (biaya) buat memenuhi kebutuhan tersebut.

BAGAIMANA buat MENGOPTIMALKAN kapabilitas BISNIS ANDA?

saat manajemen operasional ada yang disebut:

1. kapabilitas TERPASANG.

ialah kapabilitas pembuatan maksimal. Biasanya diukur dengan kapabilitas pembuatan per jam, per-shift, atau per hari.
Contoh: sebuah mesin yang mampu mempembuatan 500 meter kain perjam, berarti kapabilitasnya per-shift (8jam), ialah 4000 meter.
Contoh lain: seorang pedagang sate, mampu membuat/bakar sate 250 tusuk per jam, dia buka dari jam 5 sore sampai jam 11 malam, maka kapabilitas terpasangnya ialah 1500 tusuk sate per hari.

2. kapabilitas TERPAKAI.

ialah kapabilitas yang digunakan buat mempembuatan saat satu periode operasi.
Contoh: pabrik kain dengan kapabilitas 4000 meter per-shift tersebut, hanya mempembuatan 2000 meter per-shift, maka dia hanya memakai 50% dari kapabilitas terpasang-nya.
Atau si penjual sate hanya menjual 1000 tusuk sate per hari, maka kapabilitas terpakai-nya hanya 66,7% per hari.

3. kapabilitas MENGANGGUR (Idle).

ialah kapabilitas yang engga dimanfaatkan buat pembuatan.
Dari contoh sebelumnya:
A. Pabrik kain hanya butuh 50% dari kapabilitas per shift nya, atau ada kapabilitas menganggur 50%. saat kasus ini, ada pertanyaan yang bisa dilakukan buat mencari sebabnya:
– apakah mesin saat kondisi baik?
– apakah ada malah saat penjualan?
– apakah masalah supply bahan baku?
– dll.
Masing-masing pertanyaan tersebut memiliki jawaban, yang bisa jadi punya jawaban yang saling berkaitan.
B. Kasus penjual sate. Secara kapabilitas, dia memiliki kapabilitas menganggur 500 tusuk sate. Pertanyaan2 buat evaluasinya ialah sbb:
– apakah warungnya penuh terus? Kalau “YA”, ada kemungkinan masalahnya ialah kapabilitas Penjualannya.
– apakah ada masalah dengan bahan bakunya? Atau bahan pendukungnya?
– dll..

APA LANGKAH SELANJUTNYA?
Masalah-masalah yang ditemukan harus dicari root caused (akar masalah) nya. Sesuatu yang engga beroperasi secara optimal harus dicari sebabnya.
Bagaimana jika OVER-CAPACITY? Cari solusinya dengan STRATEGI yang TEPAT!

Misal: dengan asumsi engga ada masalah saat hal kapabilitas pembuatan dan supply bahan. Bahkan harus ditingkatkan operasionalnya menjadi 150% kapabilitas. Maka hal-hal yang bisa dilakukan ialah dengan pilihan-pilihan strategi sbb:
1. Menambah karyawan baru
2. Melemburkan karyawan yang ada
3. Atau men-sub-kan orderan Anda ke orang lain.
Masing-masing pilihan mempunyai EFEK SAMPING baik dari segi biaya maupun non-biaya.
Atau mungkin bisnis Anda sudah berjalan, dan ingin meningkatkan kapabilitas bisnisnya. Maka carilah strategi yang tepat sehingga engga terjadi HIGH COST. High cost terjadi bukan karena besarnya biaya, tapi terjadi jika Anda engga menghitung resikonya dan engga mampu mengendalikan resiko tersebut.

Sedikit sharing di atas ialah sebuah gambaran pentingnya KESEIMBANGAN kapabilitas, antara kapabilitas SUPPLY dan DEMAND, sehingga usaha/bisnis Anda beroperasi saat kapabilitas yang optimal alias dengan KEUNTUNGAN yang OPTIMAL pula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *