Kapan waktu yang tepat untuk belanja perlengkapan bayi?

kapan sebaiknya belanja perlengkapan bayi,blog belanja perlengkapan bayi,cerita belanja perlengkapan bayi,kapan boleh membeli perlengkapan bayi menurut islam,tips belanja perlengkapan bayi,tips hemat belanja perlengkapan bayi baru lahir,beli perlengkapan bayi sebaiknya usia kandungan berapa bulan,belanja perlengkapan bayi anak kedua

Kapan waktu yang tepat untuk belanja perlengkapan bayi?

kapan sebaiknya belanja perlengkapan bayi,blog belanja perlengkapan bayi,cerita belanja perlengkapan bayi,kapan boleh membeli perlengkapan bayi menurut islam,tips belanja perlengkapan bayi,tips hemat belanja perlengkapan bayi baru lahir,beli perlengkapan bayi sebaiknya usia kandungan berapa bulan,belanja perlengkapan bayi anak kedua

Kemarin dah pesen-pesen sama temen seruangan yang udah mau cuti hamil suruh bikin wishlist kado dari yang mulai harga jutaan, ratusan ribu, sampe perentilan. soalnya sayang aja kalau ngado barang yang gak kepake atau ga sesuai harapan dia. terus jadi mikir, eh gw kan juga bentar lagi ya? ikutan bikin wihslist juga ahhh. ngarepppp. emang sapa yang mau ngasi kado neng?

anyway, sebenernya ini cuma mau ngasih tips belanja awal perlengkapan dedek sekalian cerita barang-barang dedek aira yang kepakeeee sangat. soalnya dulu lebay sangat belanja dedeknyah. ujung-ujungnya ga kepake, terus dapet banyak kado yang sama dengan yang udah dibeli. inget punya gendongan sampe 8 biji, sterilizer crown kapasitas 3 botol 3pcs dan yang 6 botol 2pcs, kasur dedek berkelambu 2pcs, dan ga keitung bed set dedek yang lengkap dengan bantal gulingnya, selimut, set sabun cussons, perlengkapan makan pigeon, dan baju sampe usia 3 tahunan! padahal aira malah kekurangan celana pop karena sering sangat pipisnya, atau butuh anduk-anduk kecil karena aira sering gumoh. hehe… namun alhamdulillah dari semua kado itu banyak juga sih yang kepake, dan senang sama perhatian orang-orang di sekitar kita sampe kado aira banyak sangat.

untuk itu….. berikut merupakan tips belanja awal perlengkapan dedek biar efektif dan optimal (menurut sayah):

beli perlengkapan inti dulu. karena perlu diingat kalau dedek itu sungguh ga perlu perlengkapan macem-macem, dan kalaupun butuh yang macem-macem, beli nanti aja by the time seperlunya apa.
beli perlengkapan dengan kualitas terbaik, sesuai kemampuan kita. beneran deh kalau beli yang nangung-nangung ujung-ujungnya cepet rusak, cepet lusuh, atau ga mau kan terjadi yang tidak diinginkan seperti membuat dedek gak nyaman atau iritasi. mengutip kata-kata dokter Bram Irfanda, “belilah lebih sedikit, namun lebih baik”. jadi daripada punya lengkap namun kualitas standar dan gak efektif termemakai, mending punya sedikit namun optimal termemakai dan pastinya berkualitas.
beli sesuai dengan kebiasaan dan gaya kita, utamakan kenyamanan, ga perlu ikut-ikutan. meskipun banyak rekomendasi produk seliweran di dunia maya, lebih baik pikir lagi apakah sesuai sama kebiasaan kita. kalau ada kesempatan buat lihat-raba-coba itu lebih baik (misal lihat di toko, atau coba punya saudara dan teman). contohnya banyak yang rekomendasi gendongan wrap itu nyaman, namun ternyata ga cocok sama kita karna enakan memakai jarik. atau ada yang sterilizer panasonicnya kepakeeee sangat, namun ternyata buat kita lebih praktis rebus di panci aja. namun… kalau untuk merek, boleh sangat survey sana-sini dan belajar dari pengalaman orang lain.
beli sesuai ukuran atau usia, terutama memakaian. jangan menganut prinsip “biar kepake sampe gede”. hahaha.. kita aja ga mau kan kalau bajunya kegedean, atau sepatunya nyeplas nyeplos. selain gak enak dilihat, pasti juga ga nyaman untuk anak.

nah, jadi apa perlengkapan inti itu?

1. memakaian dedek

atasan pendek newborn (12 buah). berhubung tinggal di jakarta, jadi kalau siang selalu memakai atasan pendek. meskipun memakai AC, kan ga distel dingin-dingin sangat. kalau agak dingin memakai selimut aja.campur aja tangan pendek dan lengan buntung. namun kalau gw sih ga suka yang lengan buntung. hehe..
bawahan pendek/celana pop newborn (18 buah). beli lebih banyak karena sering kena ompol dan pup. kombinasi aja celana pendek dan celana pop-nya.
stel atasan dan bawahan panjang (6 set). kalau aira dulu kepakenya kalau pas tidur malam aja. buat tidur, bisa juga memakai celana yang bagian kakinya tertutup, biar dedek tetap hangat selama tidur dan kaki bisa lebih bebas karena ga perlu memakai kaos kaki.
kaos dalem newborn (12 buah)
bedong (12 buah). meskipun sekarang bedong-membedong gak direkomendasikan lagi, namun kalau buat gw masih kepake sangat buat alas, atau bedong yang kendor gitu. kalau gw sendiri masih memakai bedong-membedong cuma ga kenceng. apa ya mereknya, bedong biasa aja si yang klasik, yang pasti bedong persegi panjang lebih kepake, bedong carter yang ukuran kecil meskipun lebih lembut namun malah ga kepake. ini masih kepake sampe aira umur 2 tahunan sekarang. buat apapun, buat alas tidur terutama.
gurita (6pcs). sama seperti bedong, kalau gw masih memakai selama tali pusat belum puput. gurita untuk melindungi tali pusat biar ga kegoyang-goyang, pemakaiannya pun kendor aja.
alas ompol. bagi ibu yang gak mau memakai diapers, menurut gw alas ompol ini penting sangat, biar kalau dedek pipis, pipisnya gak kemana-mana sampe ke punggung atau sebadan-badan, kan bisa minimalisir iritasi juga. terus bisa menghemat cucian karena kalau pipis atau pup dikit-dikit kan gak sampe nembus ke bedong atau baju atasan. alas ompol ini pemakaiannya didalem celana dedek. udah ada yang jual potongan kecil-kecil, atau bisa bikin sendiri memakai kain lembut dan menyerap air terus dipotong kecil-kecil dan pinggirannya di-neci. ini persis kayak yang dilakukan ibu-ibu jaman dulu waktu diapers belum berjaya. dan menurut gw, untuk ibu yang ga mau memakai diapers untuk dedeknya, beli/bikin alas ompol ini worth it.
popok (12pcs). kepakenya cuma bentar, dedek 2-3 minggu juga aktif sangat geraknya, popoknya optional aja sih. kalau gw lebih nyaman memakai celana langsung aja.
jaket dedek bertopi (1 buah). ini penting buat kalau pergi-pergi. kan pastinya imunisasi awal, kontrol abis lahiran, dll.
selimut (1 buah)
topi dedek (1 buah). selain untuk pergi, topi dedek juga bisa dipake kalau di kamar memakai AC. meskipun badannya keringetan, namun tetep aja sih gw liatnya lebih nyaman kalau ubun-ubunnya yang masih jedak-jeduk itu ketutup. apalagi kalau pas tidur malem.
set kaos kaki dan tangan dedek (3 pasang). kuku dedek itu kebanyakan panjang-panjang, namun masih rapuuuhh sangat. gw aja baru berani motong kuku aira pas 1 bulanan kali ya. sementara dedek itu gerak tangannnya masih refleks, takut aja mukanya kecakar. selain itu juga berguna biar dedek tetap hangat.

untuk produk newborn kayak baju dedek panjang-pendek, kaos dalem, sarung tangan-kaki, aira memakai merek Libby dan Nova. harga affordable dengan kualitas yang bagus. bahan lembut, ketebalan pas, dan ga melar.

oia, untuk jumlah baju dan celana tergantung frekuensi cuci kita. kalau jumlah segitu, insya Allah cukup lah kalau nyucinya setiap pagi. namun ternyata kalau nyucinya setiap kotor kucek-kucek terus jemur, gw cuma punya 6 pasang atasan panjang pendek cukup loh. dan karena pake diapers sejak usia 1 bulanan, jadi tambah cukup deh. hehe.. baru beli baju lagi ukuran 3-6 month pas usia 3 bulan šŸ˜›

baju pendek Libby


baju panjang Libby


kaos dalem Libby dan Nova


bedong klasik


contoh alas ompol.


ini kurang nyaman sih, rekomendasiin merek carter ada kok ukuran 0-3 bulannya


selimut carter. kepake sangattt


topi dan sarung tanga-kaki libby. beli topi 1 aja, kepake cuma bentar dipake jarang, namun perlu. sementara kaos kaki bunny, masih lama amat kepakenya. hehe

2. Breastfeeding Equipment

breastpump. kalau mau perah ASI pasti kepake sangat, atau kalau jago perah memakai tangan, lebih cihui lagi. namun buat gw sendiri yang ga bisa perah memakai tangan, breastpump adalah benda wajib selain dompet dan HP selama 18 bulan sejak aira lahir. hehehe…
cooler bag dan ice gel
wadah simpan ASIP. bisa botol atau plastik. kalau gw memakainya botol ASI kaca biasa sama kantong ASIP nature. berhubung rada boros kalau memakai kantong nature, jadinya emang dipake kalau lagi harus pompa di luar kantor, pergi-pergi, atau menghemat space freezer. namun berhubung stok ASIP aira belum pernah lebih dari 35 botol sepanjang sejarah, kekurangan space itu tidak pernah terjadi. hahaha… (nasib kejar tayang)
milk feeder. monggo mau pake botol/dot, atau cup feeder atau disendokin. kalau gw prinsipnya dedek riang, yang ngasih senang. ojo dibikin setres. kalau aira sempet ga mau dot, sendok ngamuk karena ga sabar, dan akhirnya pencarian dot berlabuh pada huki dot orthodontic. banyak sangat dedek bingung puting berhasil minum memakai dot huki ini.
sikat botol dan penjepit buat ambil botol kalau habis direbus

benda berhargakuuu..


kado dari temen, dan kalau lagi mompa di tempat yang ga ada colokan listrik
kepake sangatttt, tuasnya selalu setia menemani swing


buat storage, pake botol kaca


kantong ASIP plastik


gabag picnic polkadot ini yang selalu menemani hari-hariku. hehe


dengan penuh perasaan desperado beli botol ini di indomaret. cuma 15rebu ceu, dan anaknya mau


kemudian beralih ke versi PP atau BPA free-nya. kalau dot sebelumnya belum BPA free sepertinya


inilah si dot sakti untuk sang bingung puting

3. Alat Mandi dedek

sabun, sampo, telon, baby oil, hair lotion dan krim. udah itu aja. beli yang kecil dulu karena belum tentu cocok. aira aja dari mulai sabun, sampo, telon, dan krimnya beda merek semua. haha.. (kalau sabun aira memakai switzal milk karena emang harus milk, kalau ga milk langsung deh merah-merah, kalau gng atau cussons ga enak dipakenya karena kayak masih licin gitu, kalau switzal pas | untuk shampo, aira malahan ga cocok pake switzal karena rambutnya jadi kayak ijuk, kusut kecil-kecil, cocoknya cussons, langsung aluusss sangat | kalau telon sih bebas, namun emaknya suka konicare ungu karena ada anti nyamuknya juga | baby krim udah jatuh cinta sangat sama pure baby, ampuhhhh sangat ngilangin kering-kering kalau aira alergi dan iritasi atau preventif iritasi di sekitar diapers | baby oil dan hair lotion mah bebas, namun aku suka wanginya hair lotion cussons)
bak mandi. bisa juga sekarang diganti baby bather, but somehow bak mandi more classic dan emang kepake juga sampe gede. kalau gw pilih yang ga ada cetakan duduknya, soalnya kalau dedek udah aktif, pantatnya malah jedak jeduk di cetakan dudukannya itu. kalau emang takut disaranin pake baby bather atau jaring mandi aja. namun coba dulu aja, beli baby bather prioritas kesekian, mandiin dedek ga semenakutkan itu kok.

anyway, ada juga yang berpendapat dedek tuh ga usah dipakein macem-macem, mandi pake baby oil aja terus lap kering udah cukup. namun aku suka wangi dedekiii.. jadi tiap mandi tetep dibumbuin telon, krim, sama hair lotion. kalau bedak baru jarang kepake (baik bedak muka dan badan).

sabun milk n honey switzal


shampo cussons


hair lotion cussons


minyak telon konicare


pure baby, andalan sangattt


sementara inilah belanjaan konsmetik pertama aira

4. Lain-Lain

 

kapas dan tisu basah
sikat rambut dan gunting kuku
handuk 1pc, washlap 2pcs, handuk kecil gerber 1 set
perlak besar 1pc, dan perlak kecil 1 pc buat pergi, di stroller atau sekedar lagi digendong-gendong
anting-anting untuk dedek perempuan. kalau gw udah siapin biar langsung dipasang pas masih di RS aja soalnya kalau baby nya dah lebih besar malah kasian.
thermometer

handuk kecil-kecil gerber itu, ga keitung banyak sangat jasanya. hehe


kepake sangat. worth it beli.


dari gambar di atas, tissu basah dan sikat rambut aja ya perlengkapan intinya

hm… dah kayaknya itu aja. perlengkapan inti aja ternyata udah banyak kan? belajar dari kesalahan masa lalu, ntar-ntar ajalah itu beli bantal menyusui, gendongan bermodel-model, baju-baju lucu, pemanas susu, tas dedek, dll. percayalah ntar juga banyak dari kado. hahaha… eh namun bener loh, sayang bin mubazir. kita akan tau mana yang kita butuh sejalan dengan waktu, jadi bersabar aja….

Artikel ini telah tayang di : http://korry-febriani.blogspot.com
dengan Judul : Belanja Perlengkapan Bayi
Penulis : Korry Febriani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *