Cara Sederhana Memasarkan Usaha Catering Nasi Box

contoh iklan catering rumahan,kata - kata untuk promosi catering,cara usaha catering online,kata kata promosi nasi box,kata-kata promosi catering makanan,bisnis catering pabrik,usaha catering box,bisnis catering makan siang

Cara Sederhana Memasarkan Usaha Catering Nasi Box

contoh iklan catering rumahan,kata - kata untuk promosi catering,cara usaha catering online,kata kata promosi nasi box,kata-kata promosi catering makanan,bisnis catering pabrik,usaha catering box,bisnis catering makan siang

Usaha katering nasi kotak sangat cocok di jalankan oleh ibu rumah tangga, karena memasak merupakan kegemaran dari ibu rumah tangga. Bisnis katering juga cocok di jalankan bagi kamu yang memiliki kegemaran terhadap makanan atau bagi kamu yang melihat peluang yang besar di dalam bisnis katering ini.

Bisnis katering ini biasanya di butuhkan ketika ada acara seperti hajatan, pernikahan, sunatan, reuni dan lain sebagainya biasanya membutuhkan catering atau paling tidak nasi kotak. Saat ini hampir setiap hari pasti ada saja acara tersebut terutama di daerah pemukiman padat. Katering menjadi pilihan banyak orang karena dengan katering, tidak perlu repot-repot lagi memasak buat para tamu undangan. Nah, bagi kamu yang ingin sukses usaha katering mungkin bisa membaca beberapa tips sukses usaha katering berikut ini, siapa tahu bisa bermanfaat bagi kamu.

Riset target pasar

Jangan terburu-buru mengambil langkah sebelum semuanya tampak sempurna. Terkadang para pebisnis pemula lupa bahwa target pasar merupakan sasaran utama dalam usahanya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika melakukan riset kecil-kecilan mengenai target pasar dan siapa pesaing kamu. Sebagai permulaan, kamu bisa melakukannya di sekitar lingkungan rumah atau tempat usaha.

Tanpa bermaksud mengintai usaha orang lain, penting bagi kamu mengenali pesaing. Apa yang menjadi menu kamulannya, apa variasi menu yang ditawarkan, hingga harga yang ditawarkan. Semua itu dapat dipelajari buat mencari celah dalam membangun usaha kamu sendiri. Walaupun sama-sama bernaung dalam usaha catering, tapi harus mempunyai menu kamulan yang nantinya menjadi ciri khas usaha kamu.

Variasi menu yang kamu tawarkan pun harus berbeda. Tentu didasarkan pada hasil riset pasar yang telah kamu lakukan. Misalnya lingkungan tempat usaha dekat dengan sekolah, maka buatlah variasi menu yang disukai oleh anak-anak. Jika dekat dengan perkantoran, maka harus menyajikan masakan yang berbeda tiap harinya.

Tentukan target penjualan

Setelah melakukan riset pasar, hal selanjutnya adalah menentukan target yang tepat buat memasarkan menu masakan catering kamu. Jika memang target kamu adalah anak-anak sekolah, buatlah variasi menu unik yang dapat menarik perhatian anak. Tidak lupa menu harus terdiri dari 4 sehat 5 sempurna.

Jika kamu ingin membuat sesuatu yang berbeda, coba perdalam hasil riset. Apakah ada ide kreatif yang muncul? Misalnya banyak anak-anak yang tidak suka dengan sayuran, anak-anak yang susah makan ikan, dan lain sebagainya. kamu bisa memikirkan sebuah konsep catering khusus buat menjawab kebutuhan para ibu tersebut.

Sebelum benar-benar memutuskan, kamu bisa juga menentukan target pasar adalah para pembuat pesta. Misalnya seperti arisan, ulang tahun, khitanan dan lain sebagainya. Berarti kamu ingin menekuni catering pesta yang menyiapkan berbagai varian menu khusus buat acara-acara tersebut.

Penentuan target penjualan ini akan membantu kamu dalam memilih dan menyusun menu masakan. Selain itu, penentuan di awal usaha ini membuat kamu lebih fokus dalam mengembangkan bisnis. Jika berhasil dan sukses, tidak ada salahnya setelah itu mencoba keberuntungan di target pasar lain.

Siapkan modal dan peralatan

Kendala seorang pebisnis pemula adalah terburu-buru. buat hasil yang maksimal, memang dibutuhkan peralatan yang memadai. Namun sebagai permulaan, alangkah baiknya jika kamu mempergunakan modal secukupnya dan peralatan yang ada di dapur kamu. Jangan gegabah buat membeli peralatan masak yang baru.

buat modal awal, kamu cukup menyiapkan uang Rp500 ribu rupiah hingga 2 juta rupiah. Tak perlu menyetok bahan makanan di dalam lemari es. Jauh lebih fresh jika kamu membeli sehari sebelum hari H. Jadi bisa menyimpan modal kamu sampai pesanan datang. Jika memungkinkan, mintalah uang muka sebagai tkamu persetujuan.

Selain menyiapkan modal, kamu juga harus membuat mudah pekerjaan kamu dengan menata rapi dapur di rumah. Tidak perlu merubah supaya lebih besar, hanya saja sedikit merubah-ubah tata letak agar memudahkan kamu ketika menyiapkan pesanan. Jika dibutuhkan, beri label bumbu dapur agar mudah ditemukan.

Cari konsumen

Peralatan minim namun hasil maksimal yang akan membuat orang kembali mempercayai kamu. buat memasarkan sensasi rasa masakan kamu, tidak ada salahnya buat mengambil pesanan-pesanan kecil. Misalnya 20-50 box buat acara arisan ibu rumah tangga dan lain sebagainya. Carilah konsumen terlebih dahulu.

Tentu yang terpenting bukan kuantitas, tapi kualitas. Ketika sudah dipercaya pada hal kecil dan memuaskan, tentu kamu akan dipercaya menyiapkan catering buat acara yang lebih besar. Jangan lupa selalu sertakan kartu nama di setiap acara yang kamu tangani. Itu memudahkan konsumen menemukan kamu.

Jika permintaan pesanan meningkat, tidak ada salahnya buat meningkatkan kinerja kamu. buat menekan biaya produksi, kamu juga bisa menyewa terlebih dahulu peralatan masak atau makan yang dibutuhkan demi menjaga reputasi. Namun buat permulaan, ada baiknya kamu tidak menerima pesanan pelayanan dan peralatan makan.

Rekrut tenaga kerja

Pesanan demi pesanan datang silih berganti. buat itu, kamu perlu tenaga kerja tambahan buat menjaga kelangsungan bisnis katering. Entah itu buat menjadi asisten kamu di dapur, menjadi pelayan di tempat acara/pesta, atau bertugas buat membantu mengelola bisnis. Jika masih merasa pendapatan belum memadai buat menggaji karyawan selama satu bulan, kamu bisa mencari tenaga kerja honorer atau harian. Namun jika merek dagang sudah sukses di pasaran, tidak ada ruginya buat memperkerjakan 2-3 orang karyawan. Tentu akan jauh lebih membantu dalam mengurus pesanan.

Dalam perekrutan tenaga kerja pun harus mempunyai stkamur tersendiri. Misalnya saja yang sudah berpengalaman di bidang katering, pernah bekerja di restoran, mengerti dunia kuliner, dan lain sebagainya. Selain berpengalaman, tenaga kerja yang cekatan dan peka akan situasi juga bisa membantu perkembangan bisnis kamu.

Jalin komunikasi dengan konsumen

Bisnis katering merupakan salah satu bentuk bisnis yang dapat dipasarkan dengan teknik mouth to mouth. buat itu, penting bagi caterer (penyaji) buat menjalin hubungan baik dengan para konsumen. Baik konsumen lama maupun konsumen yang baru memesan jasa catering kamu.

Kepercayaan konsumen merupakan hal yang paling penting dalam sebuah bisnis. Oleh karena itu, jangan tinggalkan konsumen lama kamu. Jalin komunikasi yang baik dengan para konsumen tersebut. Karena ketika kepercayaan sudah menjadi milik kamu, para konsumen lama akan membantu memiliki konsumen baru.

Daftarkan bisnis katering nasi kotak

Usaha kian lama kian berkembang. Merek dagang dan reputasi yang baik pun sudah kamu genggam erat. Demi meningkatkan kredibilitas konsumen terhadap bisnis catering, ada baiknya buat mendaftarkan usaha kamu ke departemen pemerintah yang bersangkutan, yakni Departemen Kesehatan.

Dalam Surat Keputusan Menteri Kesehatan No 715/Menkes/SK/V/2003 tercatat berbagai persyaratan umum dan khusus bagi para pengusaha jasa boga atau catering. Hal ini diperlukan buat mendapatkan sertifikat hygiene dan sanitasi dari Depkes, sebagai bentuk legalitas dari bisnis yang kamu jalani.

Ada 3 golongan khusus yang disyaratkan SK Menkes buat jasa boga atau catering. Golongan A yang kemudian dibagi menjadi golongan A1, A2 dan A3 merupakan golongan buat jasa boga yang dikelola secara perseorangan/rumahan. Golongan ini hanya memerlukan sertifikat hygiene dan sanitasi dari Depkes.

Golongan B merupakan jasa boga berskala besar yang biasa menangani acara besar, perusahaan, asrama haji, rumah sakit dan lain sebagainya. buat jasa boga golongan ini, tak hanya cukup mendapatkan sertifikat hygiene, tapi juga harus berbentuk badan usaha seperti CV, PT dan lain-lain. Khusus buat jasa boga yang menangani rumah sakit, Depkes harus memastikan bahwa kamu memiliki ahli gizi dan semua peralatan masak kamu steril.

Golongan terakhir adalah golongan C, yakni jasa boga khusus yang melayani angkutan transportasi nasional seperti pesawat terbang, kapala laut dan sebagainya. Syarat buat golongan ini jauh lebih ketat dibandingkan dengan golongan A atau B. Pebisnis jasa boga golongan C harus memiliki tenaga ahli dan peralatan masak yang modern.

 

Artikel ini telah tayang di : http://nasikotaksurabayamurah.blogspot.com
dengan Judul : 7 Strategi Jitu Marketing Catering Nasi Kotak
Penulis : Berkah Sayur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *