Cara Menyebarkan Kuesioner Penelitan Anda Kepada Responden

menyebar kuesioner online tips membagikan kuesioner jumlah minimal pertanyaan kuesioner jasa sebar kuesioner jakarta contoh kuesioner cara membuat kuesioner kuesioner adalah sebar kuesioner online

Cara Menyebarkan Kuesioner Penelitan Anda Kepada Responden

menyebar kuesioner online  tips membagikan kuesioner  jumlah minimal pertanyaan kuesioner  jasa sebar kuesioner jakarta  contoh kuesioner  cara membuat kuesioner  kuesioner adalah  sebar kuesioner online
1. Uji kuesioner Anda. Mintalah sahabat atau kerabat terdekat Anda untuk mengisi kuesioner tersebut (jangan menghitung hasilnya!), dan lakukan revisi jika diperlukan. Untuk menguji kuesioner, setidaknya mintalah bantuan 5-10 sahabat dan/atau kerabat Anda. Setelah mereka selesai mengisi kuesioner, ajukan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini untuk mendapatkan umpan balik yang Anda butuhkan:

Apakah kuesioner ini mudah dipahami? Apakah ada pertanyaan yang membingungkan?
Apakah kuesioner ini mudah diakses? (Terutama jika kuesioner tersebut Anda sebarkan daring).
Apakah kuesioner ini layak untuk diisi?
Apakah Anda merasa nyaman menjawab pertanyaan-pertanyaan di dalam kuesioner?
Apakah saran yang bisa Anda berikan untuk memperbaiki kualitas kuesioner ini?

2. Sebarkan kuesioner. Pertama-tama, Anda perlu terlebih dahulu menentukan cara paling efektif untuk menyebarkan kuesioner.Beberapa cara yang lazim digunakan untuk menyebarkan kuesioner:

Sebarkan kuesioner melalui situs daring, seperti SurveyMonkey.com. SurveyMonkey adalah situs yang menawarkan layanan pembuatan survei dengan mudah dan cepat. Selain menawarkan kemudahan bagi penggunanya, SurveyMonkey juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang bermanfaat seperti fitur untuk membeli target audiensi dan menganalisis data dengan lebih komprehensif.
Sebarkan kuesioner melalui pos. Jika menggunakan metode ini, pastikan Anda juga menyertakan amplop bertuliskan alamat pengirim agar responden dapat mengembalikan kuesioner yang sudah terisi dengan mudah. Pastikan pula lembar kuesioner Anda bisa dilipat dan dimasukkan ke dalam amplop bisnis berukuran standar.
Ajukan pertanyaan melalui wawancara tatap muka. Metode ini baik digunakan untuk memastikan Anda mencapai demografi target yang ditentukan. Selain itu, metode ini juga biasanya mampu menyediakan informasi dan jawaban yang lebih lengkap untuk Anda; terutama karena responden tidak akan mampu menghindari atau mengabaikan pertanyaan yang diajukan secara langsung.
Ajukan pertanyaan melalui telepon. Metode ini sesungguhnya sangat efektif; sayangnya banyak orang enggan merespons telepon yang berkaitan dengan kuesioner.

3. Sertakan informasi mengenai tenggat pengembalikan kuesioner. Mintalah responden menyelesaikan dan mengembalikan kuesioner pada tenggat tertentu agar Anda memiliki waktu yang cukup untuk menganalisis data.

Tentukan tenggat yang masuk akal. Secara umum, 2 minggu adalah waktu yang cukup untuk mengisi kuesioner. Jika lebih lama dari 2 minggu, kemungkinan mereka akan melupakan dan mengabaikan kuesioner Anda.
Berikan peringatan kepada responden. Satu minggu sebelum tenggat pengembalian adalah waktu yang tepat untuk memperingatkan responden. Sediakan pula kuesioner cadangan untuk berjaga-jaga jika kuesioner di tangan responden hilang atau terselip.

sumber referensi : http://cahayapustaka23.blogspot.com/2017/12/cara-menyebarkan-kuesioner-penelitan.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *