Cara Membuka Usaha Rumahan Toko Kelontong dengan Modal 3 Juta

jasa marketing,jasa marketing online,jasa marketing produk,jasa pemasaran,jasa pemasaran online,jasa pemasaran produk,jasa pemasaran produk online,jasa promosi murah,jasa promosi online,jasa promosi produk,jasa seo,jasa seo murah,jasa seo jogja,jasa website terbaik,jasa digital marketing,jasa social media,marketing produk,pemasaran produk,perusahaan jasa seo,layanan seo,bisnis jasa online,harga seo, jasa promosi social media,jasa social media,jasa seo professional,jasa pemasaran online digital,jasa digital, jasa penjualan online,konsultan digital marketing,produk pemasaran,sistem pemasaran jasa

Cara Membuka Usaha Rumahan Toko Kelontong dengan Modal 3 Juta

jasa marketing,jasa marketing online,jasa marketing produk,jasa pemasaran,jasa pemasaran online,jasa pemasaran produk,jasa pemasaran produk online,jasa promosi murah,jasa promosi online,jasa promosi produk,jasa seo,jasa seo murah,jasa seo jogja,jasa website terbaik,jasa digital marketing,jasa social media,marketing produk,pemasaran produk,perusahaan jasa seo,layanan seo,bisnis jasa online,harga seo, jasa promosi social media,jasa social media,jasa seo professional,jasa pemasaran online digital,jasa digital, jasa penjualan online,konsultan digital marketing,produk pemasaran,sistem pemasaran jasa

Cara Membuka Usaha Rumahan Toko Kelontong dengan Modal 3 Juta – Banyak peluang usaha dan bisnis rumahan yang dapat dibuka di rumah sendiri dan dengan modal kecil. Salah satunya adalah membuka usaha toko kelontong. Toko kelontong adalah salah satu usaha rumahan yang dapat dilakukan tanpa harus mengganggu pekerjaan anda sebagai ibu rumah tangga. Modal yang dibutuhkan pun tidak besar dan tidak perlu keahlian khusus, namun cukup menjanjikan. Sebab produk yang dijual adalah barang-barang kebutuhan pokok masyarakat disekitar tempat tinggal.

Walaupun saat ini tidak sedikit minimarket bertebaran di pinggir jalan kecil atau pinggir jalan besar. Hal itu tidak mempengaruhi pertumbuhan warung kecil atau toko kelontong. Kenapa? Karena warung kecil ini dapat dibuka hingga di gang sempit sekalipun. Bagi ibu rumah tangga yang ingin bisnis sampingan, jenis usaha ini tentu bisa menjadi peluang bisnis yang berpotensi memberikan penghasilan tambahan bagi keluarga anda.

Selain itu, anda tidak perlu sibuk untuk membeli barang-barang yang akan dijual. Sebagian besar nantinya, barang-barang tersebut akan secara langsung di datangi oleh distributor. Bisnis toko kelontong seharusnya dapat terus berjalan, mengingat barang yang dijual adalah kebutuhan pokok

Cara Membuka Usaha Toko Kelontong dengan Modal 3 Juta

Jika anda memiliki niat untuk membuka usaha toko kelontong, berikut dibawah ini kami akan menjelaskan cara membuka usaha ini mulai dari persiapan, promosi, hambatan membuka bisnis ini, hingga analisis usaha.

1) Persiapan

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum membuka toko kelontong adalah :

 

Modal finansal atau uang untuk membeli barang-barang keperluan toko kelontong seperti tempat jualan, meja kecil, lemari dll
Menyediakan barang-barang yang dibutuhkan masyarakat setempat
Menyiapkan ruangan khusus di depan rumah tempat berjualan
Mencari toko grosir yang termurah untuk menyuplai barang yang akan dijual di toko kelontong anda.

2) Pelaksanaan

Pada dasarnya jenis usaha ini sangat sederhana dan sangat mudah dilaksanakan. Anda hanya perlu :

 

Menjual produk secara eceran ke masyarakat
Membeli barang yang di akan didagangkan. Utamakan yang sering dicari sehari seperti garam, gula, minyak, kopi, kue-kuean, rokok dll.
Bersabar menunggu orang datang membeli, terlebih jika sudah ada toko kelontong yang lebih dulu buka. Jadi iya, ciptakan sesuatu yang membuat toko anda layak untuk dikunjungi.
Mengecek dan menghitung persediaan barang, jangan sampai kehabisan dan pelanggan harus kembali pulang dan akhirnya pindah ke tempat lain.
Mengatur keuntungan, pisahkan laba dan modal awal, jangan sampai menggunakan modal untuk hal-hal yang lain. Jika perlu, untuk mengembangkan dan lebih melengkapi ketersediaan barang anda, gunakan sebagian keuntungan.
Membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat sekitar atau pelanggan
Memberikan jasa pengiriman – tentu jika anda mempunyai waktu sendiri atau memiliki fasilitas untu mengantar barang seperti aqua galon, gas dll.

 

Promosi dan Pemasaran

Promosi dan pemasaran untuk toko kelontong tidak susah, sangat mudah. Bahkan masih bisa dilakukan secara tradisional seperti mulut ke mulut. Kasih tahu ke keluarga dekat.

Hambatan
Jangan takut, memang walaupun hanya warung kecil digang kecil. Setiap usaha pasti ada hambatan yang kita temui, beberapa diantaranya ;

Menghadapi munculnya persaingan dengan toko kelontong lain
Kebosanan pastinya akan kita rasakanya karena sifatnya menunggu pembeli datang
Keuntungan tidak bisa dipastikan setiap hari, kadang besar kadang juga kecil. Apalagi persaingan makin besar alias ada yang buka lebih besar ditempat sekitar.

Analisis Usaha
Sebenarnya usaha toko kelontong ini cukup sulit diperkirakan analisis usahanya karena terkadang pengeluaran dan pemasukan tidak teratur setiap hari. Berikut analisis usaha yang dapat kami terangkan ;

Modal Awal

Membeli Peralatan : Rp 2.000.000
Lemari atau rak barang : Rp 1.000.000
Maka Total : Rp 3.000.000

Perlengkapan

Kantong Plastik : Rp 50.000
Kalkulator : Rp 50.000
Total : Rp 100.000

Perhitungan Laba/ Rugi (dengan asumsi pendapatan rata-rata setiap hari Rp100.000)
Maka Pendapatan Rp 100.000 x 30 hari = Rp 3.000.000

Biaya-Biaya :

Biaya beli barang dagangan : Rp 500.000
Biaya perlengkapan : Rp 100.000
Biaya Lain-lain : Rp 100.000
Total keseluruhan : Rp 700.000

Maka Laba/rugi bersih = Pendapatan (Rp3000.000 – biaya2 (700.000) = Rp2.300.000

Maka itu adalah perkiraan keuntungan yang didapatkan jika anda memang mampu mendapatkan keuntungan rata-rata 100 ribu per hari. Jika dilihat dari keuntungan yang didapatkan, tentu itu sudah cukup besar sebagai ibu rumah tangga untuk penambah pendapatan setiap bulan.

 

Hindari 7 Hal Ini Jika Anda Buka Usaha Toko Kelontong

 

Jangan coba-coba terlalu sering mengintip pesaing Anda.

Penyakit yang sangat buruk pada para pedagang adalah terlalu sering mencari tahu segala hal tentang pesaingnya. Sebaiknya Anda hindari ini! Biarkan pesaing Anda “bereksplorasi” dengan cara berdagangnya. Jangan cari tahu siapa saja pelanggannya serta bagaimana perilaku berdagangnya. Apalagi sampai mencari tahu detail kekurangan pesaing Anda. Sampai-sampai jam berapa pesaing Anda ke WC pun Anda tahu. Kalau sampai ada yang tahu ulah Anda ini, haduh…. memalukan.

Berbuat curang baik sengaja atau tidak sengaja.

Kadang Anda tidak bermaksud berbuat curang. Tapi tanpa sengaja Anda menimbang secara kurang tepat, salah hitung atau malah kurang memberi kembalian. Meskipun hal ini Anda lakukan tanpa kesengajaan sekalipun, konsumen Anda bisa jadi menilai Anda sengaja melakukannya. Jadi hindari hal ini sebelum konsumen Anda menilai Anda pedagang yang curang!

Berjualan dengan jutek.

Kalau saya beli di sebuah warung yang penjualnya jutek serta malas mengucapkan terimakasih, bisa Anda pastikan besoknya saya akan beli ke warung lain. Semua konsumen punya ego untuk Anda layani dengan ramah. Konsumen akan lari pada pesaing Anda jika Anda jutek. Kemudian kalau ada pelanggan warung lain yang datang belanja ke tempat Anda, pantang sekali Anda bilang “Tumben mbak belanja disini…”. Mereka akan sakit hati mendengarnya. Tunjukkan bahwa toko kelontong Anda adalah toko yang nyaman untuk berbelanja.

Menjual barang kadaluarsa.

Kelemahan utama dari buka usaha kelontong adalah Anda harus menjual barang-barang dagangan yang memiliki masa kadaluarsa. Yang namanya buka usaha toko kelontong sudah pasti Anda harus menjual jajanan, mie atau apapun yang berbau makanan dan bahan makanan. Jadi pastikan semua dagangan Anda tidak lewat masa kadaluarsa. Anda juga harus hati-hati dengan telur. Produk ini cepat busuk dan termasuk dagangan yang paling banyak dicari.

Waktu buka tidak jelas.

Ini penyakit yang paling sering menghinggapi kebanyakan orang yang buka usaha toko kelontong. Penyakit yang mirip Anda jumpai di usaha toko komputer. Tentukan jadwal buka toko yang jelas dan rutin tiap harinya. Jangan berubah jadwal. Jika memang Anda terpaksa menutup toko, buat pengumuman di depan toko dengan jelas, kapan Anda akan membuka toko Anda lagi. Hal ini harus Anda lakukan agar konsumen Anda bisa balik lagi pada saat Anda kembali membuka toko.

Menjual dagangan yang riskan.

Ketika Anda buka usaha kelontong, hindari menjual barang dagangan yang justru akan menyerang Anda nantinya. Misalnya Anda buka usaha kelontong di perumahan. Hindari menjual jajanan yang berbahaya, karena biasanya kesadaran kesehatan mereka cukup tinggi. Salah-salah Anda justru akan disalahkan kalau anak-anak mereka terserang batuk.

Keasyikan ngobrol sama konsumen.

Gara-gara Anda asyik ngobrol dan bergosip ria dengan salah satu konsumen, konsumen Anda yang lain harus menunggu lebih lama. Lebih buruk lagi, konsumen Anda yang menunggu tadi Anda cuekin. Ini benar-benar kesalahan fatal! Jadi usahakan Anda melayani dengan cepat, sesuai antrian dan jangan ada konsumen yang Anda cuekin.

Artikel ini telah tayang di : http://peluangbisnisrumahtangga.blogspot.com
dengan Judul : Cara Membuka Usaha Rumahan Toko Kelontong dengan Modal 3 Juta
Penulis : motivasibisnisindo

Artikel ini telah tayang di : http://www.dokterbisnis.net
dengan Judul : Hindari 7 Hal Ini Jika Anda Buka Usaha Toko Kelontong
Penulis : Om Nip-Nip

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *