Cara Jualan Sabun Cuci Piring Berkualitas ala Sunlight Sangat Mudah

jasa marketing, jasa marketing online, jasa marketing produk, jasa pemasaran, jasa pemasaran online, jasa pemasaran produk, jasa pemasaran produk online, jasa promosi murah, jasa promosi online, jasa promosi produk, jasa seo, jasa seo murah, jasa seo jogja, jasa website terbaik, jasa digital marketing, jasa social media, marketing produk, pemasaran produk, perusahaan jasa seo, layanan seo, bisnis jasa online, harga seo, jasa promosi social media, jasa social media, jasa seo professional, jasa pemasaran online digital, jasa digital, jasa penjualan online, konsultan digital marketing, produk pemasaran, sistem pemasaran jasa

Cara Jualan Sabun Cuci Piring Berkualitas ala Sunlight Sangat Mudah

jasa marketing, jasa marketing online, jasa marketing produk, jasa   pemasaran, jasa pemasaran online, jasa pemasaran produk, jasa   pemasaran produk online, jasa promosi murah, jasa promosi online, jasa   promosi produk, jasa seo, jasa seo murah, jasa seo jogja, jasa website   terbaik, jasa digital marketing, jasa social media, marketing produk,   pemasaran produk, perusahaan jasa seo, layanan seo, bisnis jasa   online, harga seo, jasa promosi social media, jasa social media, jasa   seo professional, jasa pemasaran online digital, jasa digital, jasa   penjualan online, konsultan digital marketing, produk pemasaran,   sistem pemasaran jasa

 

Cara jualan sabun cuci piring – Selama ini kita mengenal kebutuhan rumah tangga yang sering digunakan adalah berupa cairan pembersih dapur serta alat-alatnya, deterjen, dan beberapa cairan pembersih alat perkakas rumah tangga. Contohnya sabun cuci piring. Sabun cuci piring ada yang berbentuk liquid dan juga ada yang berupa cream. Seperti di pasaran, kali ini ragam sabun cuci piring sudah banyak sekali.

Pernah tidak memiliki ide untuk berjualan sabun cuci piring? Berjualan sabun cuci piring dari rumah ke rumah atau saat ada acara kumpul bersama bisa dijadikan ajang bisnis yang lumayan menguntungkan. Sebelum memasarkan sabun cuci piring, mungkin lebih baik mengenal dulu ciri sabun cuci piring yang aman untuk sehari-hari. Jika ingin berjualan, sebagai penjual terlebih dahulu membuktikan kebandelan sabun cuci piring.

Untuk itulah sangat penting bagi kita melakukan pemilihan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menjual produk tersebut kembali, berikut ini ada beberapa tips dalam memilih sabun cuci piring yang tepat untuk Anda sekaligus bisa sebagai awal berbisnis, yaitu:

  1. Pastikan bahwa Anda senantiasa melihat bahan yang terkandung dalam sabun dari label kemasan, mungkin beberapa diantaranya sudah cukup mengerti mengenai bahan-bahan berbahaya dan nama-namanya, namun beberapa diantaranya belum, untuk itu tak ada salahnya mencari informasi mengenai kandungan berbahaya dalam sabun cuci piring, lihat formula sabun cair untuk cuci piring yang aman dan pilih.
  2. Warna jernih dan terlihat bagus, ini merupakan salah satu ciri fisik yang dapat digunakan untuk membedakan antara sabun yang aman dan tidak.
  3. Memiliki wangi yang segar natural, bukan berasal dari tambahan bahan kimia berbahaya seperti parfum.
  4. Kekentalannya cukup baik, tidak terlalu kental namun juga tak terlalu encer, hal ini menunjukkan dosis bahan kimia yang digunakan di dalamnya juga tepat.
  5. Hindari menggunakan sabun cuci piring yang banyak mengeluarkan busa, sebagian orang salah mengartikan bahwa semakin banyak busa semakin bagus, padahal ini menandakan bahwa banyak bahan kimia berbahaya terkandung di dalamnya.
  6. Coba dulu di tangan dan pastikan bahwa sabun tersebut tak menyebabkan efek samping, tak panas maupun menyebabkan rasa gatal.

 

Setelah yakin dengan jenis produk yang kita gunakan. Dipakai untuk keseharian dan aman untuk alat-alat makan. Nah, waktunya mengembangkan sayap ke kanan serta kiri rumah Anda. Buktikan juga dengan pengalaman Anda selama memakai sabun cuci piring yang Anda jual. Dijamin, konsumen datang tanpa disuruh.

Belajar membuat sabun cair pencuci piring kualitas pabrik

Untuk membuat sabun jeli tidaklah sulit tetapi perlu keahlian khusus dan uji coba terus menerus. Karena hasil yang baik itu diperoleh dari banyaknya pengalaman kita. Sukses atau tidaknya usaha yang kita tekuni sangat bergantung erat dengan kualitas produk yang kita hasilkan. Jika produk yang kita hasilkan berkualtas bagus pasti orang akan mencarinya.

Cara uji kualitas produk yang anda hasilkan, lakukan testimoni-testimoni dengan orang-orang untuk mencoba produk anda. Dalam hal ini, anda harus bersabar jika ada kritikan yang kurang menyenangkan. Karena semua itu demi keunggulan produk anda.

Selanjutnya penataan produk, biar kelihatan menarik dan menjual. Jelas hal ini harus diperhatikan secara serius. Kemudian dalam usaha deterjen seperti sabun jeli, sabun cair dll nya. Harus diperhatikan tingkat persaingan pasar. Dalam hal ini harga sudah mengacu pada produk yang sudah populer di masyarakat. Jika kita menjual produk sabun cair atau sabun jeli melebihi harga sunlight dan mama lemon, jelas produk kita tidak akan unggul dan bisa bersaing di pasaran. Berarti soal harga harus lebih rendah dai produk2 populer. Dalam hal usaha sabun cair ini jangan terlalu gegabah karena para pengusaha rumahan sektor ini dihadapi banyak dilema diantaranya:

1. Produk cairan atau deterjen ini mau tidak mau akan bersaing dengan produk pabrikan di pasaran. Soal kualitas, harga dan daya tarik minat masyarakat.

2. Pabrik/perusahan punya modal, barang-barang mereka beli banyak, jelas harganya jauh lebih murah. Sementara usaha rumahan beli debgan harga kiloan yang jelas-jelas berbeda jauh ongkos dan biaya produksi.

3. Kualitas, produk-produk pabrikan sudah memiliki standar mutu dan kualitas sudah teruji. Sementara usaha deterjen rumahan belum.

4. Terakhir-akhir ini banyak beredar deterjen curah yang sangat mengecewakan pembeli. Kalau soal kemasan mungkin mereka tidak ambil pusing, tapi kualitas deterjen curah yang banyak beredar masih dibawah standar deterjen. Hal ini dirasakan pembeli banyak keluhan yang didengar antaranya soal Busa yang tipis aroma yang apa adanya dan kualitas deterjen belum mumpuni. Kenapa hal ini terjadi? Karena pengusaha rumahan kebingungan. Jika dibikin sabun dengan kualitas yang bagus biaya produksi tinggi, jelas harga jual mahal. Bahkan bisa lebih mahal dengan produk yang sudah populer di pasaran. Akhirnya ongkos produksi dikurang, jadilah sabun yang minus bahan baku. Kurang berbusa, kurang bersih dan kemasan murah.

Untuk itu sebelum memulai bisnis ini pelajari dulu seluas-luasnya sebelum memulai, jangan mudah tergiur dengan yang anda dengar dan lihat.

Adapun ciri-ciri produk sabun berkualitas yang pertama bentuk fisiknya, jika ia deterjen bubuk, kelihatan kering tidak menggumpal dan lembab. Jika ia detergen cair kelihatan bening, jernih. Dan jika ia dove akan kelihatan gelap tapi mengkilat.

Dari segi busa jangan dianggap enteng, soalnya masyarakat awam berpendapat jika busa banyak sabunnya bagus. Walaupun sebenarnya kualitas sabun tidak bisa diukur dari busa tapi parameter kualitas deterjen diukur dari segi daya kerja sabun itu sendiri dalam menghilangkan kotoran. Dalam hal ini produsen deterjen rumahan harus menguji kinerja sabun sebelum diedar, layak jual atau tidak. Adapun pengujian dilakukan secara manual dan testimoni-testimoni jika tidak punya laboratorium. Jika 95% beranggapan bagus berarti produk anda layak jual.

Soal kemasan. Kemasan jangan dianggap enteng, karena kesan pertama akan kelihatan dari kemasan. Menggoda atau tidaknya. Sehingga produk memberi daya tarik minat pembeli. Walaupun hal ini diluar kinerja sabun tapi ia memberi sumbangan yang besar terhadap imej nilai sabun itu sendiri di pasaran.

Berdasarkan pengalaman dalam pelatihan-pelatihan yang kami lakukan dilapangan, banyak para home industri yang kurang menguasai bidang usahanya tapi sudah mulai mencoba berusaha.

 

Akhirnya kandas, dalam hal ini ada dua faktor penghalang yang sangat berpengaruh:

 

1. Pengetahuan dibidang usaha dan aspek-aspek-aspeknya. Seperti kita bisa/mahir bikin keripik, tapi cuma sebatas produksinya saja. Dibidang lain harus dipelajari juga setidaknya kita tau hal-hal lain yang berkaitan dengan industri keripik. Contohnya segi desain kemasan yang menarik, model kemasan, selera pasar, media sosial, harga yang layak dll.

2. Modal. Hal ini harus diperhatikan sejauh mana kemampuan modal kita. Contohnya dengan modal Rp. 500,000 maka model sabun apa yang akan kita produksi dan bentuk sabunnya yang bagaimana. Jangan memaksakan kehendak diluar kemampuan modal. Sebab jika dipaksakan akan jadi produk yang asal-asalan.

Cara membuat sabun cair cuci piring ala Sunlight

Sabun cair ini merupakan produk yang strategis, karena saat ini masyarakat modern suka prodak yang praktis dan ekonomis.
Untuk mengawali bikin sabun cair cukup mudah dengan mengetahui sifat dan fungsi masing-masing bahan sabun cair dan cukup dengan modal awal 100.000 rupiah bisa menghasilkan lebih dari 30 liter sabun cair kwalitas baik. Untuk pembelian bahan-bahan kimia yang tertera dibawah ini dapat di beli toko-toko kimia terdekat.
Pada umumnya sabun cair mengandung bahan-bahan sebagai berikut:
* Texapon 10%
* Sodium sulfat secukupnya
* Camperlan secukupnya
* Asam sitrid 1%
* EDTA 0,1%
* Parfum secukupnya
* Propilin glikol secukupnya
* Pewarna secukupnya
* Air
Peralatan yang dibutuhkan: Ember, Gelas ukur dan pengaduk kayu

Cara membuat:

 

1. Texapon + sodim sulfat diaduk rata sampai memutih, aduk perlahan jangan sampai berbusa banyak.
2. (1) + masukkan air sedikit demi sedikit sampai 50% nya
3. (2) + masukkan camperlan aduk rata
4. (3) + sisa (20-30)% air dimasukkan sedikit demi sedikit
5. (4) + sodium sulfat dimasukkan sedikit demi sedikit hingga terlihat mengental
6. (5) + pewarna secukupnya aduk rata
7. (6) + parfum secukupnya
8. Siap dikemas
Catatan:
* Pemberian parfum pada sabun cair dengan perbandingan 1ml parfum berbanding 500 ml sabun cair.
* Propilin glikol berbanding parfum ( 1 : 2 )

Analisis Bahan

1.Texapon ini nama merk dagang dengan nama kimia Sodium Lauril Sulfat ( SLS/SLES) Ada yang berbentuk bubuk dan ada yang jel. Senyawa ini adalah surfaktan. Texapon ini bentuknya jel yang berfungsi sebagai pengangkat kotoran.
2.Sodium sulfat (Na2SO4) bentuknya serbuk yang berfungsi mempercepat pengangkatan kotoran dan juga sebagai pengental adonan.
3.Camperlan nama dagang dikenal dengan Cocomidoprophyl betaine /CAB/CAPB bentuknya cairan kental yang berfungsi sebagai pengental dan penambah busa menjadi gelembung-gelembung kecil. Dikenal juga dengan nama foam booster.
4.Asam sitrit/CITRIC ACID. bentuknya serbuk yang berfungsi sebagai pengangkat lemak.
5. EDTA ini bentuknya serbuk berfungsi sebagai pengawet sabun cair. Pengawet ini bis bertahan selama 8 tahun.
6.Parfum ini bentuknya cair fungsinya sebagai pewangi sabun cair, Usahakan pilih biang pewangi yang murni agar waginya tidak pudar. Seperti aroma lemon, jeruk nipis dll.
7.Propilin glikol/PG ini bentuknya cair kental fungsinya sebagai pengikat parfum perbandingannya 1:1 dengan pewarna.
8.Pewarna ini bentukya serbuk fungsinya sebagai pemberi warna pada sabun cair. Pewarna yang dipakai umumnya pewarna makanan. Dipakai sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan sehingga wujud warna yang dikehendaki.
Biaya Operasional
Untuk memasarkan suatu produk ke masyarakat harus diperhitungkan biaya produksinya
untuk mengetahui keuntungan suatu produk dalam setiap kemasan atau liternya.

 

Biaya operasional untuk sekali produksi di antaranya meliputi:

1. Biaya bahan per liter atau per kemasan dgn rumus = total biaya pembelian bahan di bagi jumlah berapa liter atau kemasan yang dihasilkan.
2. Biaya kerja per liter atau per kemasan.
3. Bila dalam bentuk kemasan dihitung biaya kemasan dan stikernya.
4. Biaya penyusutan alat artinya peralatan yang digunakan akan di ganti berapa lama untuk membeli peralatan baru
5. Biaya promosinya
6. Biaya transportasi
Dari komponen-komponen biaya operasional dijumlahkan kemudian ditambah laba setiap kemasan atau liternya, sehingga kita akan mengetahui berapa keuntungan dalam setiap kemasan atau liternya.

Kiat-kiat pemasaran

Pemasaran merupakan ujung tombak dari suatu usaha baik dalam bentuk produk maupun jasa. Sebaik apapun suatu produk jika pemasarannya mlempem akan tidak berkembang. Ada beberapa jurus yang dapat kita gunakan:

1. Percaya dan bangga terhadap produk yang kita pasarkan.
2. Paham dan mengerti tentang produk tersebut.
3. Buat kartu nama, kop surat dan brosur produk dan perusahaan yang menarik dan mencerminkan citra profesional.
4. Tampilkan kesan pertama yang baik.
5. Biasakan membawa kartu nama dan brosur perusahaan kemanapun anda pergi, untuk di perlukan sewaktu-waktu.
6. Pelajari karakter konsumen yang akan menjadi target pasar produk.
7. Buat jaringan kerja atau network dimanapun, untuk menambah panjang relasi anda.
8. Sabar, disiplin da konsisten.

SELAMAT MENCOBA SEMOGA SUKSES

Artikel ini telah tayang di : https://www.pabrikdeterjenlaundry.com
dengan Judul : Cara Jualan Sabun Cuci Piring Berkualitas Sangat Mudah
Penulis : anjrah2006

Artikel ini telah tayang di : https://kedaiborongumkm.wordpress.com
dengan Judul : Cara membuat sabun cair cuci piring ala Sunlight
Penulis : kedaiborongmart

Artikel ini telah tayang di : https://kedaiborongumkm.wordpress.com
dengan Judul : Belajar membuat sabun cair pencuci piring kualitas pabrik
Penulis : kedaiborongmart

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *