Bekerjasama dengan daftar advertising agency jakarta

advertising agency terbaik di indonesia, advertising agency jakarta selatan, 10 perusahaan advertising terbesar di indonesia 2017, contoh perusahaan advertising, daftar digital agency jakarta, agency iklan jakarta, perusahaan advertising jakarta selatan, multinational advertising agency jakarta

Bekerjasama dengan daftar advertising agency jakarta

advertising agency terbaik di indonesia, advertising agency jakarta selatan, 10 perusahaan advertising terbesar di indonesia 2017, contoh perusahaan advertising, daftar digital agency jakarta, agency iklan jakarta, perusahaan advertising jakarta selatan, multinational advertising agency jakarta

Mendasar :

1. Menyelaraskan kebutuhan sumber daya manusia dan pekerjaan
2. Keahlian Digital Marketing
3. Selalu mengikuti perkembangan terkini dari tren dan teknologi
4. Proyek Digital Jangka Pendek
5. Jasa Digital Agencies Lebih Terjangkau
6. Pembuatan Strategi Internet Marketing yang khusus

 

Mengingat :

1. Mendapatkan pelayanan
2. Bisa konsultasi
3. Tarif lebih murah

 

Maka Bentuk kerjasama dengan brand antara lain paket kampanye produk atau jasa di blog dan media sosial atau menyelenggarakan kampanye, lomba dan kuis atas nama brand. Beberapa contoh kerjasama yang bisa dilakukan antara brand dengan blogger di blog seperti :

  1. Lomba blog dengan hadiah berupa produk brand.

    • Blog yang bersangkutan menjadi penyelenggara dari pendaftaran, penjurian, hingga pengiriman hadiah.
  2. Giveaway dengan hadiah berupa produk brand.

    • Blog yang bersangkutan menjadi penyelenggara yang merumuskan dan mengumumkan persyaratannya. Penyelenggaraannya sendiri bisa di blog tersebut berupa komentar atau bisa di media sosial.
  3. Blogger mengadakan event offline dengan sponsor sebuah brand.

    • Blog dijadikan media untuk menginformasikan dan meliput kegiatan tersebut.
  4. Brand memberikan sponsor untuk konten tertentu yang sesuai

    • Misalnya brand tersebut memiliki produk tepung, maka semua resep yang mengandung tepung di blog dengan tema food blog itu menggunakan merk tersebut.
  5. Menjadi brand ambassador sebuah produk.

    • Bloggger memang bukan artis yang memiliki banyak fans. Namun blogger bisa saja menjadi brand ambassador sebuah produk karena personal branding yang diusung blogger tersebut cukup berhasil sehingga memiliki banyak follower.

Bagi blogger yang terlah menjadi ahli di tema blogsnya, misalnya namanya sudah melekat dengan blog parenting, kerjasama tidak hanya berhubungan dengan blog, tapi bisa meluas menjadi narasumber talkshow yang diselenggarakan oleh produk sponsor. Misal blogger parenting diatas, selain mengerjakan kampanye produk juga bisa diundang sebagai narasumber dari kalangan pengguna untuk memberikan testimoni.

 

Sebelum bekerjasama dengan agensi atau brand, sebaiknya blogger survei dulu berapa harga yang pantas untuk dirinya. Tidak seperti artikel sekali tayang yang negoisasinya berlangsung cepat, model kerjasama ini penuh dengan detil dan target. Karenanya semua kesepakatan dilengkapi dengan dokumen apalagi jika mendapat satu paket kampanye, misal menulis di blog, share di media sosial, dan menjadi narasumber talkshow, maka imbalan yang tertuang akan termasuk akomodasi di kota tempat penyelenggara talkshow.

 

Aturan jika terjadi pembatalan kerjasama harus ada dalam perjanjian agar tidak merugikan kedua belah pihak karena sebagus-bagusnya rencana dibuat, kadang ada aja halangan yang tidak bisa dihadapi. Apalagi bagi blogger yang belum memiliki kontrak eksklusif, maka setiap kerjasama akan sangat berarti. Jangan sampai malah merugikan. Misalnya, acara yang sedianya diadakan diluarkota  telah dibatalkan secara mendadak, padahal blogger sudah mengeluarkan biaya untuk membeli tiket transportasi dan booking hotel.

 

Tentu saja, karena kerjasamanya lebih menyeluruh, maka laporan di akhir kerjasama menjadi lebih lengkap. Jarang sekali brand tidak meminta laporan akhir dalam kerjasama seperti ini. Tapi jikapun tidak meminta, sebaiknya blogger tetap membuatnya untuk menunjukkan sebagai blogger professional.

 

Jika terikat kontrak eksklusif untuk produk tertentu, blogger harus konsekuen untuk tidak menerima tawaran kompetitor. Jika kontrak sudah selesai, hendaknya blogger memberi jarak waktu yang cukup sebelum menerima tawaran kompetitor. Mesti jarak waktu tersebut tidak tercantum dalam kontrak, tapi secara etika blogger perlu melakukannya untuk menjaga reputasi sebagi blogger yang tidak hanya memburu uang tapi juga mampu menjaga hubungan baik dengan semua mantan kliennya.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *