Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri – Ciri Usaha Jasa

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri – Ciri Usaha Jasa


Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.

Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari penjualan barang dagangannya. Contoh perusahaan dagang antara lain: toko buku, toko perlengkapan sekolah, dan alat elektronik.
Karakteristik dari jasa.
Jasa memiliki beberapa karakteristik, yang diantaranya sebagai berikut ini:

Tidak memiliki wujud (sifatnya abstrak dan tidak bisa dilihat).
Produk yang dihasilkannya tidak standar atau bervariasi (Hetereogenitas).
Tidak dapat dipisahkan (produk dihasilkan dan dikonsumsi secara bersama-sama).
Tidak dapat disimpan, karena tidak memiliki wujud.

Kelebihan Perusahaan Jasa

Tidak perlu tempat untuk memajang (display) barang.
Tidak diperlukan tempat untuk menyimpan barang (gudang).
Tidak perlu alat angkut untuk mengirim barang kepada konsumen.

Kekurangan perusahaan jasa

Kualitas jasa dapat diketahui setelah konsumen membeli jasa.
Jasa yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan (diretur).

Ciri-ciri perusahaan jasa.
Dari beberapa penjelasan diatas dapat disimpulkan, perusahaan jasa merupakan perusahaan yang memiliki kegiatan memproduksi dan menyediakan berbagai macam pelayanan misalnya seperti keamanan, kemudahan dan lain-lain kepada konsumen yang membutuhkannya. Maka perusahaan jasa memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini:

Jasa yang dihasilkan bersifat abstrak (Intangible)
Pendapatan berasal dari penjualan jasa.
Dalam proses memproduksi jasa, bisa atau tidak memerlukan bantuan dari produk fisik.
Jasa yang diberikan tidak seragam (Heterogen). Jasa yang diberikan tidak sama, jadi masing-masing konsumen dapat memperoleh jenis pelayanan yang berbeda dengan konsumen lainnya.
Jasa yang Dihasilkan Tidak Dapat Disimpan (Unsaveable). Tidak memiliki persedian produk dalam bentuk fisik, karena Produk yang dijual merupakan produk yang tidak berwujud (jasa). Jadi produk yang dihasilkan tidak dapat dilihat akan tetapi manfaatnya dapat dirasakan.
Biasanya tingkatan harganya memiliiki sifat yang tidak mutlak, sebab murah atau mahalnya harga yang ditetapkan oleh perusahaan tergantung tingkat kebutuhan konsumen.
Jasa yang dihasilkan tidak bisa disimpan, jadi sekali dibeli maka penggunaanya akan langsung habis.

Contoh Perusahaan Jasa :

Bidang transportasi, infatruktur dan utilitas misalnya: Telekomunikasi indonesia Tbk, Jasa marga Tbk, Indosat Tbk, Garuda Indonesia Tbk, dan lain-lain.
Bidang keuangan, misalnya: Bank Danamon Indonesia Tbk, Bank Rakyat Indonesia Tbk, Bank Central Asia Tbk, Bank Mandiri Tbk, dan lain-lain.

sumber referensi : http://idemotivasibisnis.blogspot.com/2016/09/perusahaan-jasa.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *