7 Langkah Melakukan Survei

langkah-langkah penelitian survei cara melakukan metode survei kecil contoh survei langkah langkah survei contoh pertanyaan survey apa manfaat membuat daftar pertanyaan saat melakukan survei prosedur penelitian survei analisis cara melakukan metode survei kecil

7 Langkah Melakukan Survei

langkah-langkah penelitian survei  cara melakukan metode survei kecil  contoh survei  langkah langkah survei  contoh pertanyaan survey  apa manfaat membuat daftar pertanyaan saat melakukan survei  prosedur penelitian survei  analisis cara melakukan metode survei kecil

Secara umum ada tujuh tahap dalam melakukan survei, yaitu:

Tentukan informasi apa yang ingin Anda peroleh melalui survei.
Tentukan responden yang menjadi sampe penelitian. Untuk tahap ini Anda dapat mengingat kembali materi mengenai sampling design.
Susun pertanyaan wawancara atau kuesioner.
Tentukan metode survei, apakah melalui telepon atau in-home.
Pengumpulan data di lapangan. Sebelum menjalankan survei sebaiknya Anda melakukan briefing dengan tim lapangan Anda.
Proses data yang sudah diperoleh. Untuk mempermudah Anda dapat menggunakan software statistik. Jika menggunakan software statistik maka kita perlu melakukan pengkodean terlebih dahulu agar data tersebut dapat dibaca oleh program tersebut.
Membuat laporan.

Sekarang Anda sudah mendapat gambaran mengenai apa itu survei dan langkah dalam melakukan survei. Survei memang merupakan metode yang paling banyak digunakan karena metode ini fleksible dan mudah, namun Anda juga perlu mempertimbangkan kekurangan dari metode ini agar Anda dapat mengurangi potensi bias pada informasi yang diperoleh.

sumber referensi : http://www.skamax.com/2013/10/7-langkah-melakukan-survei.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *