4 Media Sosial yang Harus Dimanfaatkan Desainer

aplikasi template instagram cara membuat template di instagram sosial media terpopuler 2018 desain instagram keren data statistik pengguna media sosial di indonesia 2018 media sosial paling banyak digunakan 2018 cara membuat banner di instagram cara membuat template instagram story

4 Media Sosial yang Harus Dimanfaatkan Desainer

aplikasi template instagram  cara membuat template di instagram  sosial media terpopuler 2018  desain instagram keren  data statistik pengguna media sosial di indonesia 2018  media sosial paling banyak digunakan 2018  cara membuat banner di instagram  cara membuat template instagram story

Terlalu banyak platform media sosial dewasa ini membuat kita mempertanyakan keefektifannya. Apa saja media sosial yang paling pas untuk desainer?

Berdasarkan pengamatan dari Alex Ivanovs, ada empat media sosial yang sangat bermanfaat bagi desainer, apapun konsentrasinya. Berikut media sosial yang bisa membentuk bisnis Anda lebih baik dan mendekatkan pada klien dengan usaha yang minim dan keuntungan yang berlipat:

1. Pinterest

Platform ini, entah Anda sadari atau tidak, sering memberikan sumbangan inspirasi pada desainer dan pekerja kreatif lainnya. Setiap pin dalam Pinterest yang Anda lihat bisa menuntun Anda pada kreasi yang baru dan belum pernah Anda lakukan sebelumnya karena saking penuh inspirasinya media sosial ini.

Meskipun 70% pengguna akun ini adalah perempuan, bukan berarti laki-laki tidak bisa memaksimalkan fungsi Pinterest. Ada 70 juta pengguna aktif di dalamnya yang rajin berpartisipasi dalam membagikan informasi tentang produk, artwork, bahkan tempat terbaru yang wajib dikunjungi. Jadi, Anda tidak perlu takut miskin ide saat bergabung di Pinterest.

2. Dribbble

Di mana desainer biasa nongkrong di dunia maya?

Mungkin banyak orang akan menjawab pertanyaan di atas dengan Dribbble. Mulai dari desainer web, desainer grafis, ilustrator, tipografer dan beragam pekerja kreatif dan seni lainnya suka sekali menunjukkan proyek yang akan mereka tangani, bagaimana proses pengerjaannya, dan, tak lupa, hasil akhirnya juga. Inilah salah satu website yang mampu menarik jutaan desainer untuk saling bertukar inspirasi beserta kesempatan kerja dan tantangan baru.

3. Twitter

Popularitas dan dominasi Twitter di dunia maya tidak mungkin bisa kita kesampingkan. Twitter seakan menjadi kanal terbaik kita semua untuk berkomunikasi lebih dekat dan cepat, belajar hal baru, sekaligus mengais rezeki. Apalagi di zaman ini, semua orang seakan terkoneksi dalam media sosial berlambang burung biru, mulai desainer, akademisi, sampai presiden, peluang Anda untuk lebih dikenal oleh orang lain di bermacam penjuru dunia akan terbuka lebar.

Nah, sebagai desainer, Anda bisa memanfaatkan Twitter sebagai media untuk membeberkan portofolio, berinteraksi dengan desainer di luar kota atau negeri, juga mengapresiasi karya desainer lainnya.

4. Facebook

Dikenal sebagai media sosial yang sangat memanjakan pelaku bisnis untuk bersinggungan langsung dengan pelanggannya, Facebook benar-benar layak untuk dimanfaatkan. Perseorangan, bisnis kecil, hingga perusahaan besar tercatat sebagai pengguna Facebook aktif. Aktivitas mereka di sana pun bermacam-macam: bisa mempromosikan produk atau jasa terbarunya, meningkatkan brand awareness lewat Facebook Page, atau merekrut pegawai baru. Dengan milyaran orang yang terhubung di dalamnya, peluang Anda untuk menemukan klien atau tempat bekerja baru tentu sangat luas.

Saat Anda butuh media yang paling merakyat untuk bersentuhan dengan klien, Facebook siap mengakomodir kebutuhan krusial Anda tersebut.

Itulah empat media sosial yang sangat membantu kehidupan desainer. Kalau menurut Anda, apa media sosial yang paling pas untuk desainer?

sumber referensi : http://orkhacreative.blogspot.com/2014/10/media-sosial-untuk-desainer.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *