10 Keuntungan Dari Riset Pasar (Marketing Research)

tujuan riset pemasaran fungsi analisa pasar manfaat analisa pasar manfaat riset pemasaran contoh riset pemasaran sederhana metode riset pemasaran contoh riset pasar makanan manfaat riset pasar bagi wirausaha

10 Keuntungan Dari Riset Pasar (Marketing Research)

tujuan riset pemasaran  fungsi analisa pasar  manfaat analisa pasar  manfaat riset pemasaran  contoh riset pemasaran sederhana  metode riset pemasaran  contoh riset pasar makanan  manfaat riset pasar bagi wirausaha

Apa kalian tahu bagaimana pasar Anda ? Katakan saja Anda memiliki wawasan yang begitu luas tentang apa keinginan dan kebutuhan audien Anda. Dan kemudian Anda merencanakan kegiatan pemasaran dengan angka yang hanya didasarkan kepada pemikiran Anda. Ini sangat tidak dianjurkan.

Anda mungkin memiliki banyak data yang berasal dari sumber yang berbeda , tapi itu tidak akan berarti apa-apa jika Anda tidak melihat dengan benar dan menganalisis secara utuh. Dengan meneliti secara benar pasar Anda , Anda akan mendapatkan satu langkah di depan lebih maju . Anda memiliki keuntungan terhadap pesaing Anda .

Riset pasar merupakan sistematis , koleksi obyektif dan analisis data tentang target pasar Anda , persaingan , dan / atau lingkungan dan tujuan Anda harus untuk meningkatkan pemahaman Anda tentang mereka. Apa yang kebanyakan orang lupa adalah ini : riset pasar bukanlah suatu kegiatan yang dilakukan hanya sekali . Ini adalah siklus yang sedang berlangsung dan harus diulang-ulang secara kontinyu , atau setidaknya harus dilakukan jika Anda benar-benar ingin mendapat keuntungan.

Kekuatan informasi yang didapat sangat luar biasa ketika datang ke riset pasar . Informasi yang Anda temukan dapat menuntun memperoleh keputusan bisnis strategis yang paling penting, dan biasanya jika dilakukan dengan benar , temuan dan kesimpulan yang Anda dapat memiliki nilai yang melebihi biaya penelitian itu sendiri .

Berikut ini adalah 10 manfaat riset pasar (Market Research) :

1 . Riset pasar menuntun komunikasi Anda dengan pelanggan yang sekarang dan calon pelanggan.

Setelah hasil penelitian didapat , Anda harus memiliki cukup amunisi untuk merumuskan cara yang paling efektif untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda . Anda harus tahu apa yang mereka suka / tidak suka/ ingin mendengar / melihat / lakukan . Kemudian Anda dapat menyesuaikan apa yang Anda katakan kepada mereka untuk membuat mereka mengambil tindakan .

2 . Riset pasar membantu Anda mengidentifikasi peluang di pasar .

Penelitian mungkin membuatnya jelas bahwa produk baru yang telah direncanakan mungkin bukan keinginan dan kebutuhan pasar Anda . Anda kemudian dapat memutuskan untuk membuat modifikasi pada apa yang Anda akan tawarkan yang sesuai dengan audiens Anda .

3 . Riset pasar membantu Anda meminimalkan risiko.

Melalui riset pasar , Anda mungkin dapat menemukan semua informasi yang Anda butuhkan untuk memutuskan apakah akan mengambil tindakan tertentu . Sebagai contoh, Anda mungkin menemukan bahwa lokasi tertentu di mana Anda ingin membuka toko sudah memiliki pasar jenuh dalam bidang usaha Anda , sehingga membuat Anda menahan diri dari membuat keputusan itu dan mencari tempat yang lebih tepat .

4 . Riset pasar mengukur reputasi Anda.

Adalah sangat baik mengetahui bagaimana Anda mengukur terhadap pesaing Anda . Riset pasar hanya tahu di mana Anda berada dan kemudian menurut hasil research, Anda dapat mengambil tindakan untuk mengubah persepsi .

5 . Riset pasar mengungkap dan mengidentifikasi potensi masalah .

Anda bisa mendapatkan reaksi konsumen terhadap suatu produk atau jasa baru ketika masih sedang dikembangkan . Ini harus mencerahkan setiap pengembangan lebih lanjut sehingga sesuai pasar yang dimaksudkan .

6 . Riset pasar membantu Anda merencanakan ke depan.
Penelitian dapat memperkirakan penjualan kemungkinan suatu produk / layanan baru dan juga belanja iklan yang dibutuhkan untuk mencapai keuntungan maksimal .

7 . Riset pasar dapat membantu Anda membangun tren.

Jika Anda memperlakukan riset pasar Anda sebagai latihan berkelanjutan yang Anda lakukan secara berkala , Anda akan menemukan bahwa Anda akan memiliki banyak data untuk dapat menganalisis pelanggan dan membentuk suatu tren tertentu.

8 . Riset pasar membantu Anda membangun posisi pasar Anda .

Sangat penting untuk mengetahui posisi bisnis Anda pada saat-saat tertentu dalam waktu . Informasi dari riset pasar membantu Anda sebagai benchmark dan memantau kemajuan Anda , yang dapat berguna untuk membuat keputusan dan mengambil tindakan .

9 . Riset pasar dapat menentukan yang paling persuasif ‘janji’.

Setiap merek perlu membuat janji . Jika Anda berpikir satu merek yang paling terkenal , mereka semua membuat janji untuk Anda dan Anda biasanya tahu apa yang dengan hanya melihat logo mereka . Hal ini dapat keamanan , cepat dan lezat makanan atau jaminan teknologi atas . Perlu penelitian sederhana dan pasar dapat membantu Anda menentukan apa janji merek Anda adalah .

10 . Riset pasar dapat menemukan kompromi.

Tim yang terlibat dalam peluncuran produk / layanan baru semua memiliki persepsi masing-masing dan insting . Ini tentu tidak boleh diabaikan , tetapi dengan pergi langsung ke target audiens , Anda akan mendapatkan pikiran dan pendapat dari orang-orang yang mungkin kurang biasa atau kurang emosional terhadap pembangunan baru atau jasa . Ini membantu mendapatkan sudut pandang baru , mudah-mudahan kompromi dalam hanya bagaimana Anda akan pergi tentang peluncuran baru , merek baru atau reposisi merek .

Singkat kata , riset pasar adalah alat yang sangat berharga yang pada awalnya mungkin tampak mahal dan lambat , tapi itu tidak lebih dari sebuah investasi. Sebagai salah satu klien yang sangat baik kami selalu mengatakan , ” Terbaik untuk mengukur dua kali dan potong sekali untuk memaksimalkan keuntungan Anda ” .

Jika Anda punya pilihan berbicara kepada contoh yang baik dari pelanggan Anda atau dibiarkan dalam gelap hanya dengan asumsi Anda , apa yang akan Anda pilih?

sumber referensi : http://www.skamax.com/2013/10/10-keuntungan-dari-riset-pasar.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *